Wacanakan ‘Ganti Bupati’, Heri Ngabut Daftar ke Partai Demokrat

David mengatakan, fit and proper test atau uji kelaikan akan dilaksanakan di Kupang. Keputusan akhir terkait calon yang diusung akan ditentukan dewan pimpinan pusat Partai Demokrat.

Ruteng, Ekorantt.com Heribertus Ngabut mengakui bahwa dirinya merupakan bagian integral dari perjalanan kepemimpinan Bupati Herybertus G. L. Nabit di Kabupaten Manggarai.

“Saya juga orang jiwa besar untuk selalu jujur mengatakan kalau ada bagian yang memang tidak pas menurut rakyat, dengan hormat saya mengatakan kita lihat sama-sama,” ujar Heri saat mendaftar di Sekretariat DPC Demokrat beralamat di Konggang, Kelurahan Waso, Kecamatan Langke Rembong pada Senin, 15 April 2024.

Kekompakan antara bupati dan wakil bupati dalam melihat sejumlah persoalan di Kabupaten Manggarai, kata Heri, merupakan hal penting.

Bila keduanya tidak lagi duduk bersama dalam menyelesaikan persoalan maka “cara untuk membenahi itu adalah pergantian bupati.”

iklan

Selama memimpin Kabupaten Manggarai bersama Bupati Nabit, Heri menemukan bahwa tugas seorang wakil bupati lebih bersifat relatif semata, bersifat mandatori.

Secara konstitusional tidak tampak tegas dalam tugas atributif yang ada pada seorang wakil bupati, kata Heri.

Daftar ke Demokrat

Heri mendaftar sebagai balon bupati di Partai Demokrat dan akan mengikuti mekanisme penjaringan bakal calon bupati Manggarai oleh partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono itu.

“Kami juga sangat memahami tentu ada aturan internal partai yang harus kita jalani bersama. Dan, nanti akan berproses di setiap tingkatan sampai nanti dikeluarkannya surat rekomendasi dari DPP (Dewan Pimpinan Pusat),” katanya.

Mendaftar ke Partai Demokrat adalah sebuah kesempatan baik, kata Heri.

Alasan yang ia kemukakan bahwa Partai Demokrat  meraup lima kursi dalam pertarungan pemilihan legislatif 14 Februari lalu.

“Jadi harapannya Partai Demokrat bisa mendukung saya dalam Pilkada tahun 2024 di Kabupaten Manggarai.”

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat Kabupaten Manggarai David Suda menyampaikan terima kasih kepada Heri yang sudah mendaftarkan dirinya ke Demokrat.

“Kalau tidak percaya pasti Pak Heri dan rombongan tidak datang ke sini,” ucapnya.

David mengatakan, fit and proper test atau uji kelaikan akan dilaksanakan di Kupang. Keputusan akhir terkait calon yang diusung akan ditentukan dewan pimpinan pusat Partai Demokrat.

TERKINI
BACA JUGA