Ben Isidorus Janji Bebaskan Biaya Kesehatan untuk 40 Ribu Warga Miskin di Manggarai

Warga miskin hanya membawa KTP dan kartu keluarga jika masuk rumah sakit. Tugas pemerintah daerah adalah membayarnya dengan menggunakan APBD.

Ruteng, Ekorantt.com – Bakal calon bupati Manggarai Ben Isidorus berjanji bakal membebaskan 40.000 warga miskin di Kabupaten Manggarai dari biaya kesehatan.

Warga miskin hanya membawa KTP dan kartu keluarga jika masuk rumah sakit. Tugas pemerintah daerah adalah membayarnya dengan menggunakan APBD.

“Kalau daerah ini mau maju masyarakatnya harus sehat sehingga kalau saya terpilih saya akan bebaskan masyarakat Manggarai dari biaya kesehatan,” kata Ben saat mendaftar di Partai Amanat Nasional (PAN) di Rumah PAN kabupaten Manggarai, La’o -Ruteng, Kecamatan Langke Rembong, Kamis, 18 April 2024.

Ia meyakini bahwa jumlah penduduk miskin itu bisa diatasi pemerintah daerah. Ben bilang, “Pemerintah mesti hadir di sana untuk membayar”.

iklan

“Saya akan membebaskan mereka untuk tidak membayar biaya manakala mereka sakit baik untuk yang rawat inap maupun rawat jalan,” kata Anggota DPRD Provinsi NTT itu.

Ben mengklaim telah menghitung semua biaya kesehatan untuk 40.000 warga miskin tersebut.

“Kalau ada yang bertanya apakah itu bisa saya pastikan itu bisa karena saya ini mantan birokrasi,” tegasnya.

Ketahanan Pangan

Selain bidang kesehatan, politisi Hanura ini juga menyentil masalah pangan. Ia mendukung penuh program food estate sebagai usaha pemerintah mengembangkan pertanian, perkebunan, juga peternakan untuk menghasilkan pangan.

Program food estate menurut dia, merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mengantisipasi kelangkaan dan menjaga pasokan pangan.

Kesiapan pangan di Kabupaten Manggarai tentunya menjemput peluang kebutuhan akan pangan di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat sebagai ‘kota super premium’.

Sehingga, kekayaan pangan yang disiapkan itu menjadi pendapatan ekonomi masyarakat, terutama dalam bidang usaha produktif.

“Itu niat saya untuk maju dalam kontestasi Pemilukada kali ini,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Kabupaten Manggarai Jimur Siena Katarina menyampaikan apresiasi kepada Ben Isidorus yang mendaftarkan dirinya ke rumah PAN.

“Pada dasarnya kami siap mendukung Pa Ben dalam pemilihan kepala daerah tahun 2024,” ujar Siena.

Menurut Anggota DPRD Provinsi NTT ini, di tubuh partai tentu punya mekanisme. “Soal siapa yang akan diusung, keputusan tetap berada pada tangan petinggi partai.”

Siena berharap ketika nanti Ben Isidorus terpilih sebagai kepala daerah, maka harus membawa  Manggarai lebih baik dan maju lagi.

“Saya mendoakan semoga perjuangan dari Pa Ben nanti membuahkan hasil. Secara pribadi tentu saya sangat mendukung atas perjuangan dari Pa Ben maju sebagai calon bupati Manggarai,” pungkasnya.

TERKINI
BACA JUGA