Run for Equality sebagai Ajang Kesetaraan

Direktur Eksekutif Plan Indonesia, Dini Widiastuti, mengatakan kegiatan itu untuk bersama-sama memahami pentingnya kesetaraan bagi semua.

Jakarta, Ekorantt.com – Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) dan Yayasan Pembina Anak Cacat (YPAC) Jakarta menggelar lari bertajuk Run for Equality di Spark, Jakarta Pusat,  Minggu, 28 April 2024. Kegiatan lari amal itu diikuti seribu lebih orang termasuk kelompok disabilitas.

Direktur Eksekutif Plan Indonesia, Dini Widiastuti, mengatakan kegiatan itu untuk bersama-sama memahami pentingnya kesetaraan bagi semua.

“Kami ingin mengajak masyarakat untuk memahami pentingnya mewujudkan inklusivitas dan kesetaraan, karena kita semua memiliki peran untuk mencapainya. Run for Equality kali ini juga menjadi salah satu kegiatan amal yang melibatkan berbagai pihak, korporasi, civil society organisations, figur publik, dan masyarakat luas agar terus termotivasi dan mendukung kinerja kami dalam memperjuangkan hak anak, kaum muda, perempuan, dan kelompok disabilitas di berbagai penjuru di Indonesia,” ujar Dini dalam keterangannya.

Ketua YPAC Jakarta, Kumala Insiwi Suryo, menambahkan Run for Equality 2024 menjadi ruang untuk semakin membuka kesempatan dan akses yang lebih luas serta inklusif bagi kelompok disabilitas.

iklan

“Harapan kami kegiatan ini menjadi babak baru dalam mewujudkan kesetaraan terutama bagi kelompok disabilitas. Run for Equality juga menegaskan bahwa semua orang dapat terlibat tanpa terkecuali,” ungkap Kumala.

Sinergi antara Plan Indonesia dengan berbagai mitra korporasi, civil society organisations, serta berbagai figur publik membuktikan bahwa kemitraan merupakan kunci dalam upaya mencapai inklusivitas dan kesetaraan.

“Ini adalah kedua kalinya UNIQLO Indonesia mendukung kegiatan Run for Equality. Kami sangat gembira dapat ikut serta merayakan kesetaraan bersama Plan Indonesia dan YPAC Jakarta dalam Run for Equality 2024. Bentuk dukungan ini menjadi salah satu implementasi dari komitmen kami terkait pilar keberlanjutan UNIQLO yaitu people dan society. Kami percaya bahwa semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk berkarya dan berkreasi,” pungkas Irma Yunita selaku Corporate Affairs Director PT. Fast Retailing Indonesia (UNIQLO).

Ritsuo Fukadai selaku Direktur Utama J Trust Bank, sebagai mitra korporasi yang turut mendukung Run for Equality 2024, mengapresiasi segala upaya kerja sama lintas sektor dalam mengarusutamakan kehidupan yang inklusif khususnya bagi penyandang disabilitas. 

Melalui acara ini mengukuhkan komitmen J Trust Bank sebagai lembaga keuangan yang mendukung dan mengedepankan nilai kesetaraan.

Wujudkan Kesetaraan #SampaiSemuaSetara

Tema Unleash Your Inner Superhero diusung untuk menegaskan bahwa semua bisa menjadi pahlawan, terutama untuk dirinya sendiri. 

Salah satu caranya adalah dengan berani bermimpi dan mencoba, karena halangan terbesar untuk mencapai cita-cita biasanya adalah keraguan diri, bukan kondisi fisik.

Aktor Chicco Jerikho yang turut berpartisipasi dengan mendampingi salah satu anak disabilitas berlari menyampaikan, gelaran ini menjadi momen spesial baginya karena dapat mendukung terwujudnya kesempatan serta akses setara bagi semua.

“Saya sangat senang bisa ikut mewujudkan dan merayakan kesetaraan. Run for Equality 2024 menjadi bukti bahwa bersama-sama kita bisa mendorong kesetaraan dan membuktikan bahwa setiap individu termasuk anak-anak disabilitas ini memiliki inner superhero dalam diri mereka sendiri,” ucapnya.

Ghaniya (14), pelajar SLB D-D1 YPAC Jakarta yang juga mengikuti Run for Equality 2024 mengatakan kegiatan lari amal itu menunjukkan suatu kegembiraan.

“Ini adalah kesempatan bagi kami untuk membuktikan bahwa meskipun kami memiliki perbedaan, kami tetap mampu berpartisipasi secara aktif,” kata dia.

Tidak hanya demi mendorong kesetaraan bagi anak-anak terutama kelompok disabilitas, kampanye Run for Equality juga menjadi ajang untuk mengampanyekan gaya hidup sehat melalui berlari bagi remaja dan kaum muda yang menjadi fokus program Young Health Programme (YHP) oleh Plan Indonesia, melalui kerja sama dengan AstraZeneca.

Setidaknya 200 remaja dan kaum muda yang juga merupakan peer educator program YHP turut berlari dan meramaikan acara.

Run for Equality 2024 juga mengajak siapa saja yang ingin membuat penggalangan dana secara crowdfunding melalui platform Ayobantu.com. 

Hasilnya nanti akan dialokasikan untuk membantu mewujudkan kesetaraan melalui program-program inklusivitas yang dijalankan oleh Plan Indonesia dan YPAC Jakarta.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA