Menko Airlangga Hartarto Ingatkan Koperasi Tidak Boleh Lupakan Kaum Muda

Erlangga menambahkan, koperasi juga menjadi pendorong agar usaha rakyat dapat terhubung ke dalam rantai pasok industri nasional.

Batam, Ekorantt.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto meminta Dewan Koperasi Indonesia (Dekopindo) untuk tidak boleh melupakan kaum muda.

Menurut dia, generasi muda atau kaum milenial mempunyai literasi yang tinggi terhadap digitalisasi. Hal ini sejalan dengan tantangan zaman sekarang yakni disrupsi dari digital.

“Sebetulnya digital itu prinsip koperasi secara digital. Karena digitalisasi itu berbasis anggota, membership, dan jaringan. Oleh karena itu, ini penting bagi kita untuk koperasi terus menjadi tiang daripada perekonomian nasional,” tutur Airlangga pada acara puncak hari koperasi nasional (Harkopnas) di Harmoni One Hotel Kota Batam, Kepulauan Riau, Jumat, 12 Juli 2024.

Menurut Airlangga, tantangan bagi koperasi saat ini antara lain daya saing dan sumber daya manusia.

iklan

Untuk itu, ia mengharapkan agar Dewan Koperasi Indonesia (Dekopindo) agar menggencarkan gerakan koperasi terutama bagi generasi muda.

“Saat ini pemerintah melihat bahwa transisi ke depan ini menjadi penting. Karena transisi ke depan ini adalah transisi menuju Indonesia Emas 2045,” jelasnya.

Tahap pertama sampai tahun 2030, menurut dia, sangat krusial. Sebab, pada tahap ini berbasis ketersediaan sumber daya manusia dan sumber daya generasi muda.

Airlangga mengatakan, sebagai soko guru perekonomian nasional, koperasi telah memiliki sejarah panjang dan memegang peran penting dengan karakteristik pemberdayaan ekonomi rakyat.

Sebab itu, agar tetap eksis ke depannya maka sudah saatnya koperasi mengutamakan kaum muda.

Erlangga menambahkan, koperasi juga menjadi pendorong agar usaha rakyat dapat terhubung ke dalam rantai pasok industri nasional.

Dengan jumlah anggota saat ini mencapai 24,44 juta orang dan volume usaha mencapai lebih dari Rp285 triliun, koperasi di Indonesia bergerak di berbagai sektor, mulai dari sektor produksi, pemasaran, konsumsi, jasa, hingga simpan pinjam.

Diketahui, pada acara puncak peringatan HUT koperasi ke-77 tingkat nasional, Airlangga menyerahkan penghargaan Tokoh Koperasi Indonesia untuk empat kategori yaitu Bintang Abhinaya Jagadhita, Penggerak Koperasi Utama, Penggerak Koperasi Madya, dan Penggerak Koperasi Pratama.

Untuk kategori Bintang Abhinaya Jagadhita diberikan kepada Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Ansar Ahmad, Gubernur Provinsi Jambil Alharis, dan Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa.

Acara ini dihadiri oleh sekitar 2.300 peserta secara offline dan 25.000 peserta secara online dari seluruh unsur gerakan koperasi Indonesia seperti Dekopin Pusat, Dekopinwil, Induk Koperasi, koperasi primer dan sekunder Provinsi Kepulauan Riau, dan perwakilan masyarakat koperasi seluruh Indonesia.

Secara bersamaan juga dilakukan penandatanganan MoU antara Dekopin dengan Telkomsel serta peluncuran ekosistem digital Koperasi Unit Desa (KUD) dalam supply chain terintegrasi.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA