Pertumbuhan Anggota KSP Credit Union Bahtera Sejahtera Tahun 2023 Capai 1.117 Orang

Maumere, Ekorantt.com – Progres pertumbuhan anggota KSP Credit Union Bahtera Sejahtera, Kabupaten Sikka sepanjang tahun 2023 mencapai 1.117 orang.

Selain itu, koperasi ini juga mampu menyisikan dana cadangan risiko (DCR)  tahun buku 2023 untuk kredit lalai pada 1-12 bulan rasio mencapai 51 persen.

Atas prestasi tersebut, Sekretaris Pengawas Pusat Koperasi Kredit Indonesia (Puskopcuina) RD. Marcelinus  H. F. Lamuri kemudian menyampaikan profisiat kepada KSP Credit Union Bahtera Sejahtara berkat pencapaian luar biasa yang diraih selama tahun buku 2023.

Meski telah menggapai sejumlah keberhasilan, sebagai satu gerakan Pastor Marcelus mengingatkan bahwa pengeloaan koperasi kredit atau credit union (CU) yang sehat aman dan berkelanjutan sangat ditentukan oleh respons pengurus dan manajemen. Itu terutama dalam menanggapi setiap perubahan regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah.

iklan

Menurut dia, saat ini koperasi tengah menghadapi perubahan regulasi yang dapat mempengaruhi operasional koperasi.

Ada Undang-undang Nomor 24 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan. Ada pula Permenkop UKM Nomor 8 Tahun 2023 tentang Usaha Simpan Pinjam oleh Koperasi. Juga perubahan kewajiban KSP menggunakan Sistem Akuntansi Keuangan (SAK) yang bakal berlaku pada tahun 2025 mendatang.

“Tidak semudah membalikkan telapak tangan. Aneka tantangan harus diselesaikan,” ujar Pastor Marcelus saat memberikan sambutan pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-17 KSP Credit Union Bahtera Sejahtera Tahun Buku 2023 yang berlangsung di Aula Sikka Convention Center (SCC), Sabtu, 27 Januari 2024.

Ia menegaskan, selain nilai-nilai koperasi sebagai pemandu utama seperti kejujuran, tanggung jawab dan solidaritas, peraturan dan regulasi yang ditetapkan pemerintah juga menjadi faktor penentu keamanan lembaga.

Karena itu menurut dia, perlu memperkuat komitmen untuk saling mendukung tidak hanya sebagai mitra bisnis, tetapi juga sebagai sebuah keluarga besar yang sedang membangun kesejahteraan bersama.

Pastor Marcelus mengatakan, prestasi tidak hanya mencerminkan pertumbuhan finansial tetapi cerminan dari kolaborasi, kepercayaan dan semangat gotong royong yang telah tebangun dengan baik di dalam lembaga KSP Credit Union Bahtera Sejahtara.

Apresiasi lain disampaikan Pastor Marcelus kepada KSP Credit Union Bahtera Sejahtera karena dapat menyelenggarakan RAT tepat waktu. Dari 46 primer di bawah naungan  Puskopcuina Credit Union, kata dia, KSP Credit Union Bahtera Sejahtera adalah primer keempat yang menyelenggarakan RAT.

Perhatikan Indikator Kunci

Dalam sambutannya pula, Pastor Marcelus meminta pengurus dan manajemen KSP Credit Union Bahtera Sejahtera untuk selalu memperhatikan empat hal yang menjadi indikator kunci keberhasilan credit union.

Pertama, berkaitan dengan kredit beredar. Menurut dia, pendapatan credit union   semata-mata hanya diperoleh dari pengembalian pinjaman.

Kedua, simpanan. Kata Pastor Marcelus, uuang yang diberikan kepada anggota berupa pinjaman bersumber dari simpanan anggota.

Ketiga, modal lembaga. Untuk indikator yang satu ini ditentukan oleh beberapa aspek. Keempat, adalah pertumbuhan anggota.

Manajemen koperasi juga dituntut untuk beradaptasi terhadap teknologi dan inovasi modern yang berkembang kian pesat. Karena sebentar lagi Mobile ESCTE akan ditingkatkan lagi untuk penerapan sistem keuangan yang lebih tinggi.

Diketahui, aplikasi Mobile ESCETE adalah pelayanan online yang melibatkan perangkat mobile dengan Handphone, di mana anggota dapat mengakses simpanan, pinjaman, tabungan, top up, e-money, setoran, penarikan via Alfamart, PDAM, Gopay, Ovo, Link Aja, top up pulsa dan lain-lain,  yang relevan dengan pelayanan tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

Pastor Marcelus menambahkan, keamanan koordinasi data dan privasi anggota, dengan penerapan teknologi perlindungan terhadap informasi dan data pribadi harus diutamakan untuk mencegah risiko kenyamanan siber.

“Karena ada yang terperangkap dalam SMS–SMS penipuan. Anggota harus berhati-hati dan waspada terhadap modus kejahatan, dengan cara mehubungi manajemen guna memastikan kebenaran permintaan data,” pungkasnya.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA