Menjejak Lemukutan di Kalimantan Barat

Pulau Lemukutan merupakan nama salah satu pulau di Kalimantan Barat. Lokasinya tepat berada di Kecamatan Sungai Raya, Kepulauan Kabupaten Bengkayang.  Pulau ini memiliki sisi eksotis tersendiri sehingga menjadi incaran para turis ataupun wisatawan untuk berlibur.

Untuk sampai ke sini, para pelancong dapat menggunakan kapal air atau akrab disebut kapal klotok oleh masyarakat lokal. Dan ada beberapa pelabuhan yang bisa digunakan untuk sampai ke pulau  Lemukutan. Salah satunya adalah pelabuhan yang berada di pantai Samudra Indah, Singkawang.

Jika kamu berangkat dari pelabuhan itu, lama waktu yang dibutuhkan untuk tiba sekitar 2 jam dengan tarif biaya sebesar Rp 25.000 sekali jalan. Adapun masyarakat di pulau Lemukutan menyiapkan beberapa homestay. Kamu cukup membayar Rp 250.000 jika menginap satu malam di homestay yang berada di tepi bukit. Berhadapan langsung ke muka laut.

Sunrise di Teluk Melano, Lemukutan

Dalam perjalanan menuju pulau Lemukutan, usahakan matamu jangan dipejam agar kamu dapat menikmati sensasi pemandangan di kiri dan kanan. Apabila kapal air sudah mulai bergerak, dari kejauhan pantai Samudra Indah tampak jelas pesonanya.

Ada pasir di sisi pantai, batu-batu mungil, kapal-kapal yang berlabuh, serta ombak yang merekap di tepi pantai.

iklan

Kalian juga akan melewati pulau Randayan yang tidak kalah indahnya. Bagan-bagan yang tersusun rapi menampakkan citra pulau tersebut.

Lantas, jika sudah sampai di pulau Lemukutan, kamu mesti menerjunkan diri ke air untuk snorkeling ataupun diving. Sebab, kamu bakalan berkenalan dan melihat berbagai jenis biota di bawah laut, seperti ikan yang berenang di tepi-tepi karang, ubur-ubur yang menari-nari.

Dan jika beruntung kamu juga bisa menyaksikan secara langsung lumba-lumba yang hadir pada sore hari serta penyu pada pagi hari.

Ikan Nemo

Jangan lupa pula berkenalan pula dengan si Nemo yang rumahnya berada di antara karang-karang. Ikan Nemo paling senang jika dirinya difoto atau dipotret. Namun, jangan sesekali kamu merusak rumahnya, karena ikan Nemo tidak suka perbuatan itu.

Dan untuk melihat ikan Nemo dengan jelas kamu harus memakai kaca mata air yang digunakan saat snorkeling ataupun diving tadi.

Pada pagi hari, tatkala cuaca lagi bagus, kamu bisa merapat ke Teluk Melano dan nikmatilah sunrise yang sangat Indah. Dan saat malam hari, selain menikmati deburan ombak dan suara angin, kamu juga bisa menyaksikan langsung bintang-bintang yang indah di langit Sang Pencipta.

Pesona bintang-bintang itu semakin didukung dengan cahaya lampu di bawah bagan-bagan penangkapan ikan. Suasana tenang dan penuh kedamaian akan kamu dapatkan. Sungguh luar biasa berpelesir ke pulau Lemukutan. Saya sudah ke sini, kalian kapan? (Syarifah Sajila Apjan)

TERKINI
BACA JUGA