Romo Lukas Nong Baba Rayakan Pesta Emas Imamat

Bajawa, Ekorantt.com – Umat Paroki Maria Ratu Semesta Alam Langa, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, merayakan pesta emas imamat Romo Lukas Nong Baba, Pr di Wolokoro, pada Rabu (3/7/2019).

Perayaan ekaristi syukur ini dipimpin langsung oleh Uskup Agung Ende, Mgr. Vinsensius Potokota, Pr dan dihadiri Romo Vikep Bajawa, imam konselebran lainnya dan seluruh umat Paroki Langa.

Romo Vikjen Sirilus Lena, Pr, dalam khotbahnya, mengatakan bahwa Romo Lukas, sang yubilaris emas imamat itu, merupakan imam angkatan-angkatan awal Keuskupan Agung Ende.

Dan karya imamat Romo Lukas selalu bergerak dari kebutuhan umat. Bahkan, dalam semangat gotong-royong, dia membangun gereja dan kapela-kapela di Jerebu’u, Ngada.

Sementara itu, untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, Romo Lukas pun menjadi petani cengkih di Jerebu’u. Selanjutnya, kiprah beliau diteruskan di Paroki MBC Bajawa selama 16 tahun.

iklan

Di sana dia menyesuaikan diri dengan kebutuhan umat melalui cara menghidupi kelompok kategorial, antara lina Santa Anna, Legio Maria, Serikat Remaja juga Kelompok Pemelihara Sapi dan Mama Lele.

Di Paroki Maria Ratu Semesta Alam Langa sendiri, Romo Lukas telah bertugas sejak tahun 1997 silam hingga merayakan pesta 50 tahun imamatnya saat ini.

Dalam karya pastoralnya, Romo Lukas merupakan imam yang menggarap bumi dan merangkul sesama umat Allah untuk mengandalkan Tuhan dan teknologi pertanian. Agar masyarakat Allah menjadi sejahtera juga menjadi petani sukses.

Namun, selama bertugas di Paroki Langa, Romo Lukas lebih fokus memberi perhatian ke Wolokoro lantaran saat itu, Wolokoro masih dililiti sebuah sengketa antara Pemerintah dan umat akar rumput.

Setelah misa syukur, dia mengatakan bahwa dirinya sungguh bahagia bisa merayakan imamat yang ke-50 tahun meskipun dalam kondisi yang tidak cukup sehat.

“Saya bersyukur atas penyelenggaraan Tuhan sehingga saya bisa merayakan emas imamat. Semoga hingga ajal nanti, saya tetap semangat dalam karya,” katanya. (Adeputra Moses).

TERKINI
BACA JUGA