Hotel Binongko Jaya (Sumber: Traveloka.com)

Maumere, Ekorantt.com – Geliat pariwisata di pulau Flores kian menjanjikan. Hal ini ditandai dengan melonjaknya jumlah kunjungan turis dari tahun ke tahun ke pulau bunga ini.

Tak heran bila biro perjalanan dan tempat penginapan ada dimana-mana. Dua hal ini pun tumbuh menjadi bisnis yang melengkapi dan menjadi bagian terpenting dari bisnis pariwisata itu sendiri.

Peluang ini dimanfaatkan oleh pasangan suami istri, Haji La Yusuf (59) dan Haja Nurhamida (53). Keduanya merintis usaha perhotelan di pusat kota Maumere tepatnya di Beru sejak tahun 2017.

Nurhamida bercerita bahwa kota Maumere sangat strategis. Untuk wilayah NTT, arus barang dan manusia di kota nyiur melambai ini cukup besar, bersaing dengan kota Kupang dan Labuan Bajo.

Dari sisi pariwisata, Maumere menyimpan khasanah pariwisata yang membuat orang berdecak kagum. Belum lagi tradisi budaya yang kaya dan membuat orang luar penasaran dan harus datang ke sini. Ini jadi modal kuat, kata Nurhamida.

Itulah pikiran awal mengapa pasutri ini memulai usaha perhotelan. Namanya Binongko Jaya. Ingatan akan tanah tumpah darah di Sulawesi Tenggara sana, menginspirasi keduanya untuk menamai hotel rintisan ini dengan nama Binongko Jaya.

Kata ‘Jaya’ merupakan titian harapan agar usaha perhotelan ini tetap Jaya selalu.

“Pak haji mengenang kampung halamannya di sulawesi. Kita harapkan usaha ini maju sesuai dengan nama belakangnya,” tutur Nurhamida.

Pasangan suami istri pemilik Hotel Binongko Jaya, Haji La Yusuf dan Haja Nurhamida

Bagi Anda yang berencana menginap di sini, pesan Nurhamida, tidak perlu ragu karena fasilitas Binongko Jaya memadai. Binongko Jaya menyediakan 35 kamar yang nyaman dan aman.

Fasilitas penunjang seperti wifi membantu Anda terhubung secara daring.

Ojek hotel dan mobil hotel tersedia dan dapat mengantar Anda untuk berpleseiran di sekitar kota Maumere. Dan pada pagi hari, Anda dapat menyantap menu sarapan pagi sambil menikmati udara pagi di kota Maumere.

Letaknya juga yang berada di pusat kota Maumere memberikan keuntungan tersendiri bagi Binongko Jaya.

Jaraknya dengan bandara Frans Seda Maumere hanya 5 menit. Akses ke pusat pemerintahan dan pusat ekonomi sangatlah mudah.

“Di sini tidak susah bagi tamu untuk mendapatkan rumah makan. Di sini banyak warung makan dan sangat lokasinya dekat dengan hotel ini. Mau ke kantor-kantor jaraknya juga dekat. Mau beribadah, tempat-tempat ibadah tidak jauh,” tutur Nurhamida.

Kenyamanan dan kepuasan tamu jadi prioritas Binongko Jaya. Untuk mendapatkannya, Anda tidak perlu cemas.

Soal harga, tejangkau oleh semua kalangan. Dengan rentang harga Rp.100.000 hingga Rp. 300.000 per malamnya, Anda bisa menikmati kenyamanan Binongko Jaya dengan fasilitasnya yang memadai plus hawa malam kota di pinggir pantai.

“Kami siapkan kamar sesuai dengan kelasnya. Ada kelas ekonomi. harganya 100 ribu rupiah. Ada kelas menengah. Harganya 200 ribu rupiah. Dan ada kelas VIP. Hargnya 300 ribu rupiah. Kami berusaha memberikan kepuasan bagi yang meningap dengan harga murah,” kata Haji La Yusuf.

Selain itu, untuk memberikan kenyamanan kepada tamu, manajemen Binongko Jaya berusaha memberikan pelayanan ramah.

Herman, seorang staf Binongko Jaya mengatakan, keramahan dalam pelayanan jadi kunci bagi kepuasan tamu. Selengkap apapun fasilitas hotel, kalau pelayanannya tidak ramah, pelanggan pasti akan kesal.  

“Saya bersama teman-teman yang lain tidak lelah untuk memberikan yang terbaik bagi tamu. Seringkali kami menolak tamu yang mau menginap karena kamar sudah penuh. Kami arahkan mereka ke hotel yang lain. Mungkin itu buah dari keramahan kami. Semoga,” tutur Herman. 

 

Seorang tamu sedang melakukan Check In di Hotel Binongko Jaya

Mengesankan

Pelayanan Binongko Jaya rupanya mendapatkan tempat istimewa di hati para tamu yang pernah menginap di sana.

Bila kita mengecek situs reservasi penerbangan dan hotel secara daring, Traveloka.com, kita akan menemukan sejumlah ulasan atau review positif tentang pelayanan Binongko Jaya.

Ada yang terkagum-kagum dengan kenyamanan kamar dan murahnya harga nginap.

“Kamar yang nyaman dan harganya murah untuk traveling,” tulis Faisal L. “Nyaman, bersih, hargnya terjangakau,” tulis Naema D.

Letaknya yang strategis menjadi nilai plus sebagaimana yang diulas Andrik.

“Tempat nyaman, bersih, pelayanan baik dan dekat dengan bandara,” kata Andrik.

“Bersih, nyaman dan ramah staf. Terima kasih untuk teh panas dan kue setiap pagi. Disarankan untuk backpacker atau bagi yang  ingin menginap dengan anggaran rendah. Anda bisa menyewa sepeda motor yang disediakan oleh hotel dan berkeliling kota religius Maumere ini. Mudah mencari warug makan di depan hotel dengan berbagai makanan Indonesia,” tulis Andre A.

Yanti, seorang tamu yang pernah menginap di sana menulis kesannya dalam bahasa Inggris.

About Hotel Binongko Jaya, the rooms are nice and room clean. The staff are very helful; hotel area is very good and very clean,” tulis Yanti Y.

Dari ulasan-ulasan itu, traveloka.com menyimpulkan bahwa hotel Binongko Jaya dan pelayananannya mengesankan dengan rating 8.4. Ini hal yang membanggakan.

Tapi bagi Haji Yusuf dan Haja Nurhamida, kebanggaan ini harus menjadi pelecut semangat bagi pengelola hotel dalam bekerja. Keduanya juga tetap berusaha mengembangkan usaha ini sehingga tetap eksis dan jaya selalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here