Para mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Flores

Ende, Ekorantt.com – Sebanyak 20 mahasiswa dari beberapa program studi di Universitas Flores-Ende mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) bertajuk Literasi Desa di Desa Ngegedhawe, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo sejak 27 Juli hingga 7 September 2019.

Kegiatan KKN-PPM Literasi Desa ini memiliki fokus untuk perkuat literasi baca tulis dan literasi budaya dan kewargaaan. Hal ini didasari pada kondisi yang dialami oleh masyarakat setempat.

Adapun sejumlah kegiatan utama yang dilakukan antara lain; pembangunan rumah baca desa, pelatihan tata kelola rumah baca bagi kelompok orang muda/karang taruna, pentas budaya, perlombaan-perlombaan dan penyuluhan yang berkaitan dengan baca tulis, kebudayaan dan kewargaan. Selain itu, mahasiswa juga diajak untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang telah diprogramkan pemerintah desa.

Sebelumnya, melalui persiapan yang matang, para peserta KKN-PPM diberangkatkan akhir Juli 2019 lalu. Peserta resmi dilepas oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Flores, Dr. Wilybrodus Lanamana mewakili Rektor Universitas Flores.

Dalam sambutan upacara pelepasan ini, Lanamana menggarisbawahi dua hal yakni;

Pertama, pada tahun 2019 Universitas Flores untuk pertama kalinya menjalankan kegiatan KKN dengan skema KKN-PPM di samping kegiatan KKN regular yang selama ini telah dilaksanakan. Kegiatan KKN-PPM ini didanai oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat melalui sebuah mekanisme hibah kompetisi yang dilakukan secara nasional pada tahun 2018.

“Universitas Flores patut berbangga bersama ketiga tim KKN-PPM yang telah membuka jalan bagi KKN-PPM di tahun-tahun selanjutnya,” tutur Lanamana.

Kedua, peserta KKN-PPM diharapkan dapat menjalankan KKN-PPM Literasi Desa ini secara baik, lancar dan bertanggung jawab agar harapan masyarakat Desa Ngegedhawe, Universitas Flores dan Negara dapat tercapai.

Untuk diketahui, para mahasiswa peserta KKN-PPM ini didampingi oleh tiga dosen pendamping yakni  Agustinus F. Paskalino Dadi, Virgilius Bate Lina dan Maria Helen Carolinda Dua Mea.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here