Ilustrasi (Sumber: Instagram @immanuel.andra)

Maumere, Ekorantt.com – Lagu “jaga orang pu jodoh” pecah di pesta rakyat timur paska rilis di kanal Youtube Fenomenear beberapa waktu lalu. Lagu-lagu berjenis ini biasanya langsung dialamatkan lagu pesta oleh rakyat timur.

Apalagi kalau bukan karena beatnya yang hentak mengajak pinggul bergoyang. Pesta belum benar-benar pesta tanpa musik yang membeli gairah menari orang timur. Itu kenapa sound system menjadi hal yang diperhitungkan di dalamnya.

Lagu besutan Near, Lhc Makassar, dan Hlf yang berjudul “Jaga Orang Pu Jodoh” ini mungkin cukup membingungkan.

Pasalnya lirik yang menyayat hati agak ditutupi dengan tempo dan musik yang enak bukan maen. Iramanya mengajak orang untuk bergoyang.

Secara garis besar, lagu ini menggambarkan kisah pilu seseorang yang menghabiskan waktu lama dengan mencintai seseorang bahkan nyaris masuk minta, istilah orang NTT untuk meminta izin menikahi seorang wanita.

Namun sayang cintanya kandas, si pria hanya datang sebagai tamu pada acara pernikahan sang mantan.

“Tiap hari mama tanya kapan lae, dia tra pulang lai ew gas ke pengadilan,” ada juga yang mengaitkan lirik lagu ini dengan kasus saling gugat dua mantan kekasih di pengadilan Maumere beberapa waktu lalu.

Lagu yang hingga kini telah ditonton lebih dari 200 ribu kali ini mendapat tanggapan positif warga Youtube, “harus sedih atau bergoyang dengar lagu ini, mantap kali musiknya. Beatnya jenaka, liriknya ngenes,” tulis Anas Rosyidin.

Milenial timur tentu sangat doyan lagu-lagu seperti ini, pesan lagu yang sedih tidak membuat cengeng penikmat musik tersebut, asalkan kemampuan meramu instrument serta beat yang enak, pinggul siapa yang tak goyang dan kepala mana yang tak geleng geleng berirama.

Sebentar lagi kota Maumere akan ramai dengan pesta sambut baru dan wisuda perguruan tinggi, mari kita lihat tenda mana yang tidak terdengar “jaga orang pu jodoh” ?

Aty Kartikawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here