Pesan “Jaga Laut Kita” dari Teluk Maumere

Maumere, Ekorantt.com – Pekikan kemerdekaan menggelegar di Pantai Krokowolon-Maumere, 15 Agustus 2019 lalu. Lintas komunitas se-Kota Maumere berkumpul untuk mengibarkan bendera bawah laut di perairan Teluk Maumere.

“Indonesia,” teriak melengking seorang penyelam. “Merdeka,”  sahut penyelam-penyelam lain dengan kompak.

Belasan penyelam berenang dan bertolak ke tempat yang lebih dalam. Tepatnya pada jarak 100-an meter dari bibir pantai, mereka menerima bendera merah putih dari komunitas snorkeling, yang sebelumnya diestafetkan dari Gunung Egon.

Segera mereka menyelam ke dasar laut dan di kedalaman 10 meter mereka membentangkan dan mengibarkan bendera merah putih. Sekitar 45 menit kemudian, mereka muncul ke permukaan dan kembali ke bibir pantai. 

Menariknya, pengibaran bendera bawah laut ini diikuti juga oleh pasangan suami istri asal Argentina, Pablo dan Nadine.

iklan

Keduanya, kata salah satu Dive Master di Maumere, Yohanes Saleh, sedang dalam perjalanan wisata di beberapa tempat di Nusa Tenggara Timur.

Hans Journey, sapaan Yohanes Saleh, menuturkan bahwa keduanya datang ke Maumere untuk liburan sekaligus untuk melakukan survei ke beberapa spot dive.

“Kebetulan pas kita ada acara pengibaran bendera bawah laut, kita ajak mereka. Ya, mereka senang dan ikut,” kata Hans.

Pablo yang terlibat dari pengibaran bendara bawah laut mengaku bangga dan senang karena bisa mengikuti pengibaran bendera bawah laut. Baginya, ini menjadi momen langkah apalagi terjadi di Maumere.

Pablo tertarik sekali dengan keindahan bawah laut Teluk Maumere dan berharap agar keindahannya terus dirawat dan jangan sampai dirusak.

Jaga Laut Kita

Pengibaran bendera bawah laut di Teluk Maumere merupakan yang pertama kali terjadi. Ketua panitia upacara, Dionisius Bruno Conterius menuturkan, walaupun baru pertama kali, kegiatan ini terbilang sukses.

“Kita bangga karena sudah kibarkan bendera di bawah laut. Kita persembahkan ini untuk Nian Tana Sikka,” ujar Bram Conterius, sapaan sehari-hari Dionisius Bruno Conterius.

Menurutnya, upacara bendara bawah laut ini merupakan rangkaian kegiatan memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74.

Awalnya, kata Bram Conterius, upacara bendera bawah laut ini digagas Maumere Dive Community (MDC), sebuah komunitas menyelam di Kota Maumere. MDC memiliki kepedulian khusus untuk menjaga kebersihan pantai dan alam bawah laut.

Alam bawah laut Maumere, kata Bram Conterius, sangat indah dan kaya akan keanekaragaman biota laut. Alam yang indah ini harus ditopang juga oleh kesadaran manusia untuk menjaga, merawat dan melestarikannya.

“Kita semua baik pemerintah, masyarakat dan komunitas-komunitas yang ada harus sama-sama jaga laut kita. Tidak boleh dicemari oleh sampah-sampah. Ini aset yang harus kita jaga,” tandas Bram Conterius.

“Kita mengibarkan bendera di bawah laut juga untuk mempromosikan keindahan Teluk Maumere yang eksotis. Potensi alam yang indah di Maumere ini wajib kita promosikan ke dunia luar,” tambahnya.

Dodot Cobain, pegiat komunitas Snorkeling Ga’i Toma juga berpandangan bahwa Teluk Maumere adalah “tempat bermain” yang harus kita jaga dan rawat bersama.

Hal inilah yang ia dan kawan-kawan sekomunitasnya lakukan selama ini. Bersnorkeling ria sambil memberikan edukasi kepada masyarakat tentang betapa pentingnya menjaga laut melalui wisata yang ramah lingkungan.

Ia berharap, anak-anak muda, khusus anak-anak muda Maumere untuk memperbanyak kegiatan-kegiatan positif sembari menyebarkan kebaikan kepada yang lain.

Senada dengan itu, Ben Boy Bogar selaku pimpinan Bank NTT Cabang Maumere mengapreasi kegiatan lintas komunitas di Kota Maumere dalam mempromosikan pariwisata di Kabupaten Sikka.

Boy Bogar menuturkan, peran kaum muda dalam mempromosikan pariwisata jangan diabaikan. Kehadiran mereka sangat dibutuhkan, apalagi kalau diorganisir dengan baik.

Ia pun berharap, semangat anak-anak muda ini tidak boleh pudar, khususnya dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita. 

“Kita harus jaga alam kita, laut kita. Jaga kebersihannya dan Bank NTT siap untuk mendukung,” tutup Ben Boy Bogar.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA