Polikarpus Do Majukan Pendidikan NTT Lewat PKBM

Ende, Ekorantt.com – “Jika ingin melakukan tindakan untuk menyelamatkan kaum kecil dan terpinggirkan, lakukan sekarang. Jangan menunda karena kehidupan ini milik Tuhan. Kita tidak tahu kapan akan berakir,” demikian keyakinan Polikarpus Do, Ketua PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Bintang Flobamora Kupang.

Untuk menjadi seperti sekarang ini, kata Poli, demikian ia disapa, bukan perkara yang mulus. Pria kelahiran Ende 18 Mei 1982 ini ditempa dari tantangan demi tantangan.

Berasal dari keluarga yang sederhana di Kampung Kamubheka, Maukaro sana tak membuat nyalinya ciut. Ia terus berjuang. Di balik perjuangan itu, buah hati pasangan Maria  Riti dan Markus Keu ini pun mampu meraih sukses.

Sejak  tahun 2013 silam, Poli fokus mengembangkan PKBM Bintang Flobamora hingga sekarang. Niatnya adalah menyelamat anak-anak yang putus sekolah.

Anak-anak putus sekolah harus diperhatikan demi mewujudkan visi mencerdaskan anak bangsa. 

iklan

Berkat tangan dinginnya, PKBM Bintang Flobamora berkembang pesat dan memberikan kontribusi berharga bagi pendidikan di Kota Kupang dan Propinsi NTT.

Taring PKBM Bintang Flobamora pun tidak perlu diragukan lagi. Tidak hanya berkualitas di level lokal, tapi PKBM besutan Poli ini mengukit prestasi di panggung pendidikan nasional.

PKBM Bintang Flobamora tidak hanya memberi ruang belajar yang terbuka berkualitas tetapi menjadi sarana penyediaan tenaga kerja lewat ruang praktek dan pelatihan-pelatihan. 

Lebih lanjut, Poli menjelaskan, akan mengembangkan program diantaranya; memperkuat kualitas SDM lembaga, Penguatan unit usaha PKBM dan Koperasi, memperluas akses kemitraan, menyediakan sarana PKBM yang lebih memadai, melakukan publikasi dan membuka cabang PKBM Bintang Flobamora di setiap kabupaten.

PKBM Berprestasi

Prestasi teranyar yang diraih PKBM Bintang Flobamora yakni penghargaan di tingkat nasional sebagai Juara 1 penyelenggaraan kelembagaan terbaik PKBM di seluruh Indonesia.

PKBM Bintang Flobamora mampu menyisihkan 5 PKBM lain di Indonesia dalam lomba lembaga PKBM terbaik nasional.

Lomba yang dirangkai sebagai Lomba Kelembagaan dan Warga Binaan oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Kesetaraan, Dirjen PAUD dan DIKMAS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Tangerang ini berlangsung  pada 4-7 Agustus 2019 lalu.

Melalui proses kompetisi yang ketat, hasil pemaparan atau presentasi program dan inovasi program PKBM Bintang Flobamora dinilai oleh para juri sebagai yang terbaik.

Penghargaan ini diserahkan Dirjen PAUD dan Dikmas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Haris Iskandar kepada Ketua PKBM Bintang Flobamora, Polikarpus Do dalam Perayaan puncak Hari Aksara Internasional (HAI) 2019 di Kota Makassar, 7 September lalu

Dalam balutan pakaian adat Ende, Poli, demikian sapaan manisnya, maju ke panggung dan menerima penghargaan yang sangat bermakna ini. Rasa haru dan bangga menyelimuti hatinya.

Poli mangaku bangga karena perjuangan yang telah mulai sejak awal sungguh tidak sia-sia. Selalu ada jalan dalam setiap kesulitan yang dihadapinya. Dengan mendapatkan pernghargaan ini, Poli akan terus mengabdi dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi generasi masa depan bangsa.

 “Juara ini milik masyarakat NTT terutama pegiat PKBM. Kita tidak puas dengan juara nasional. Kita ingin buta aksara dan angka putus sekolah di NTT dari tahun ke tahun terus turun,” tegas Poli.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA