Kisah Rofina, Bidan dan Petani Sayur Unggul

Bajawa, Ekorantt.com – Seorang tenaga kesehatan di salah satu Puskesmas di Kecamatan Golewa Barat, Kabupaten Ngada memiliki kreativitas yang tinggi dalam menanam sayur-sayuran, seperti kol, sawi, tomat, dan rawit. Setiap hari, selain menjalankan tugas profesionalnya sebagai seorang bidan, ia juga mengelola kebun sayur pribadinya. Kedua aktivitas itu ia lakukan dengan penuh cinta.

Bidan pecinta kebun sayur itu bernama Rofina Luna, A.Md., Keb. Ia mengaku telah jatuh cinta dengan kebun dan sayur-sayuran. Ia mencoba menanam sayur sejak dahulu, dengan insting dan percobaan sendiri. Ketika menjadi ketua PKK di salah satu desa di Kecamatan Golewa Barat, Kabupaten Ngada, ia mendapat kesempatan belajar strategi pengolahan tanaman sayur.

Rofina bercerita, tahun 2013, dirinya belajar secara serius tentang penanaman sayur. Proses belajarnya menuai hasil. Di tahun yang sama, bersama tim PKK perwakilan Kabupaten Ngada, ia mendapatkan Juara I di tingkat provinsi dalam kompetisi pengolahan tanaman.

Tidak hanya gelar juara, aktivitas berkebun yang ia tekuni juga menuai hasil secara ekonomi. Ia mengaku, selama kurang lebih lima tahun, selain memungkinkannya menghemat uang belanja, penjualan sayur juga menambah penghasilannya.

“Dari uang gaji, saya tidak perlu beli sayur, lombok karena semuanya saya tanam sendiri. Saya menanam sayur sampai ribuan pohon dan jika dijual akan menghasilkan sekitar dua puluhan juta” terang Rofina ketika diwawancara pada Senin (16/09/2019).

iklan

Menurut Rofina, ilmu mengenai penanaman dan pengelolaan sayur-sayuran kerap ia pelajari dari buku dan internet. Selebihnya adalah usaha percobaan terus-menerus, entah gagal, entah berhasil. Baginya tidak ada yang tidak mungkin dipelajari di zaman yang sudah maju seperti sekarang ini. Setiap orang bisa memperoleh penghasilan ekonomi bahkan melalui hobi-hobinya.

“Salah satu yang membuat saya bisa terus berjuang sampai saat ini adalah usaha sayur yang sebenarnya berangkat dari hobi ini ternyata juga bisa memberikan penghasilan ekonomi, selain gaji profesi yang saya terima” ujar Rofina.

Adeputra Moses

TERKINI
BACA JUGA