Asah Bakat Seni Anak, SMAK Negeri Ende Perkuat Kegiatan Ekstrakulikuler

Ende, Ekorantt.com – Sekolah Menengah Agama Katolik (SMAK) Negeri Ende bertekad untuk mengasah bakat siswa-siswinya dalam bidang seni. Ini juga sekaligus komitmen sekolah negeri yang bernaung di bawah Kementerian Agama tersebut untuk menggejot kegiatan ekstrakulikuler sekolah tanpa menodai kiprahnya sebagai lembaga ilmu pengetahuan.

Kepala Sekolah SMAK Negeri Ende, Yohanes Devita Son Duri menjelaskan, kepekaan pihak sekolah terhadap minat dan bakat peserta didik sangat dibutuhkan. Disadari bahwa sekolah harus menyiapkan wadah bagi kreativitas anak-anak dalam mengembangkan potensi.

“Anak-anak kita punya potensi yang luar biasa. Mereka punya kreasi banyak sekali, sesuai dengan bakatnya masing-masing. Tinggal saja bagaiaman cara sekolah mengembangkannya. Kalau itu bisa dilakukan, pasti hasilnya akan luar biasa,” kata Kepsek Yohanes di ruang kerjanya, Selasa (24/9/2019).

Meskipun masih berada dalam masa transisi dari yang sebelumnya swasta dan kini sudah berstatus sekolah negeri, SMK Negeri Ende, beber Kepsek Yohanes, berusaha memberi ruang yang seluas-luasnya bagi siswa/i untuk berkembang menurut talentanya masing-masing.

“Bagaimanapun caranya kita harus dorong anak-anak ini. Jangan matikan kreativitas mereka, biarkanlah mereka berkembang,” tuturnya.  

iklan

“Di sini, ada anak-anak yang jago musik. Yang punya vokal yang bagus juga ada. Setiap hajatan juga anak-anak kita biasa diundang untuk menari. Anak-anak juga bakat dalam sastra misalnya menulis dan mendeklamasikan puisi,” tambahnya.

Sejauh ini, SMAK Negeri Ende telah melibatkan siswa-siswinya dalam perlombaan-perlombaan baik di tingkat lokal maupun di tingkat nasional. Langkah ini terbilang ampuh demi meningkatkan prestasi dan rasa percaya diri anak.

Belum lama ini, beberapa siswa SMAK Negeri Ende mengikuti perlombaan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Pada tahun 2019, FLS2N melombakan dua bidang yakni, pertama; seni pertunjukan yang mencakup seni baca puisi, gitar solo, tari kreasi, teater monolog, dan vokal solo. Kedua, seni penciptaan meliputi seni cipta puisi, desain poster, film pendek, dan kriya.

Luar biasanya, siswa SMAK Negeri Ende, Sisilia Elisabeth Moi, 14 tahun, berhasil mengukir prestasi dalam ajang ini. Ia berhasil meraih juara dua dalam bidang cipta puisi di tingkat nasional.

“Saya berbagga karena anak kami Lilis meraih prestasi luar biasa di tingkat nasional. Terharu bisa bawa nama NTT di tingkat nasional. Ini pertama kalinya bawa nama sekokah di kancah nasional. Sungguh luar biasa,” kata Kepsek Yohanes.

Kepsek Yohanes menegaskan, pihaknya tidak segan-segan untuk mengalokasikan dana untuk kegiatan ekstrakulikuler demi memacu semangat siswa/i.

TERKINI
BACA JUGA