Perayaan HUT ke-74 TNI di Ngada. (Foto Belmin Radho/Ekorantt.com)

Bajawa, Ekorantt.com – Dandim 1625/Ngada, Letnan kolonel I Made Putra Suartawan mengajak seluruh masyarakat kabupaten Ngada untuk melawan berita hoax yang tersebar lewat berbagai perangkat informasi digital.

Hal tersebut disampaikannya saat memimpin upacara apel memperingati HUT ke-74 TNI yang berlangsung di halaman Kodim 1625/Ngada, Sabtu, (5/10/2019)

Apel perayaan HUT ke-74 TNI dimulai pukul 09.00 WITA dan dihadiri oleh Anggota Polres Ngada, Prajurit TNI Kodim 1625/Ngada, Satpol PP Ngada, dan Polisi Kehutan Ngada.

Dalam pidatonya, Dandim menyinggung persebaran informasi di dunia maya yang berlangsung masif tanpa adanya saringan dan pengawasan.

”Para prajurit dan pegawai negeri sipil yang berbahagia. Situasi dan perkembangan saat ini semakin kompleks. Akses informasi semakin banyak dan tidak sebanding dengan saringan yang jelas. Hal ini dapat berdampak pada mispersepsi terhadap berbagai hal. Sebagai contoh, terkait berbagai kejadian di Indonesia akhir-akhir ini, kita tidak tahu lagi mana yang benar dan mana yang salah”, ungkapnya.

Menurutnya, perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat menyebabkan masyarakat sulit membedakan mana berita hoax dan bukan. Kepandaian dan kebijaksanaan dalam menggunakan teknologi komunikasi sangat dibutuhkan di era sekarang.

”Mari kita pandai dalam memilih dan memilah berita, membedakan berita mana yang dapat menyebabkan perpecahan antara institusi maupun kedaulatan bangsa. Pertanyaannya, bagaimana kita membedakan itu berita hoax atau tidak? Saya pribadi pun tidak tahu. Yang mungkin dilakukan adalah dengan mengecek atau menganalisis sumber berita tersebut”, pintanya.

Pada kesempatan itu, Dandim juga menekankan tugas pokok TNI  No. 34 tahun 2004 dalam menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah kesatuan republik Indonesia yang berdasarkan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, serta melindungi keutuhan bangsa dan negara republik Indonesia.

”Jika menurutmu berita itu dapat menyebabkan stabilitas negara ini terancam jangan disebarkan,” tegasnya.

Hadir dalam perayaan HUT ke-74 TNI, Sekretaris Daerah Kabupaten Ngada, Theodosius Yosefus Nono; Dandim 1625/Ngada Letkol Inf I Made Putra Suartawan; Kapolres Ngada AKBP. Andhika Bayu Adhittama, SIK, MH; Ketua Pengadilan Negeri Ngada Herbert Harefa SH. MA; Ketua Pengadilan Agama Ngada Suryani HN SH.MH; dan Dan Pos AL Nagekeo Pelda Suntoko.

Belmin Radho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here