Maria Petra Dewa, Berdayakan Eks ODGJ dengan Program Briona Flower

Ende, Ekorantt.com – Terlibat dalam bimbingan oleh Ethical, sebuah organisasi yang fokus bekerja pada program kewirausahaan berkelanjutan, salah seorang mahasiswi dari kampus Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat (STPM) Santa Ursula Ende menginisiasi gerakan kewirausaahn berkelanjutan yang fokus pada pemberdayaan pada para eks ODGJ.

Nama mahasiswi ini adalah Maria Petra Dewa. Lahir di Wolofeo, kecamatan Detusoko pada 28 Februari 1997.

Petra sejak kecil sangat menyukai bunga dan gemar merangkai bunga. Pada acara deklarasi Pemuda Berwirausaha di lantai dua aula kantor Bupati Ende (28/10/2019), mahasiswi semester tujuh ini tampil memukau  mempresentasikan produk kewirausahaan yang digagasnya.

Di hadapan ratusan pengunjung yang memadati pameran produk lokal yang dihasilkan oleh anak-anak muda kabupaten Ende, Petra mengisahkan semangat besarnya bekerja untuk mendampingi para ODGJ.

Menurutnya sejak bergabung bersama Kelompok Kasih Insani (KKI),sebuah kelompok gerakan sosial yang peduli pada ODGJ pada tahun 2017 dirinya sudah memantapkan niat untuk berbuat sesuatu yang bernilai bagi para ODGJ ketika para ODGJ itu mulai bebas dan hidup normal layaknya orang normal lainnya.

iklan

“Di Kabupaten Ende ini sudah ada sekitar 700 ODGJ dan ada 100 yang sudah bebas dan menjadi orang normal, hanya mereka belum diterima secara baik oleh keluarga dan masyarakat di sekitarnya,” ujar Petra.

Ia tertarik untuk menggaggas sebuah rumah yang disebut Rumah Berdaya untuk para eks ODGJ bersama kawan-kawan di KKI. Program di dalam Rumah Berdaya ini dinamakan Briona Flower.

Briona Flower sendiri sudah berjalan selama setahun. Fokus dari program ini adalah menghasilkan buket bunga dari barang-barang bekas.

Ada juga penjualan aneka bunga dan pohon hias yang semuanya dikerjakan oleh para eks ODGJ dengan dampingan dari Petra dan kawan-kawan dalam KKI.

“Di Briona Flower fokus kami tidak melulu kejar profit. Kalau kejar profit bukan namanya kewirausahaan sosial. Saya berikthiar agar Briona Flower sungguh-sungguh membuat para eks ODGJ merasa diterima kembali dan mereka sendiri menjadi berdaya”, ujar Petra.

Avent Saur, seorang Pastor Katolik dari Kongregasi SVD atau Serikat Sabda Allah yang menginisiasi KKI mengaku bangga dengan program Briona Flower yang digagas Petra.

“Kami semua di KKI sangat mendukung kerja Petra selama ini. Kami juga berterima kasih kepada Ethical yang telah membantu menjembatani ide-ide kreatif anak muda di Ende ke dalam kerja-kerja nyata”, ujar Pastor Avent.

Saniy Amalia dari Ethical mengemukakan program yang digagas oleh anak-anak muda di kabupaten Ende sangat luar biasa dan wajib didukung untuk keberlanjutan usaha mereka.

Pada program yang digagas oleh Petra dengan Briona Flower menurut Sainy adalah satu program yang unik karena menyasar para eks ODGJ.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA