Utusan 3 Kementerian Kunjungi Mitra Rikolto Veco Indonesia di Ende

Ende, Ekorantt.com – Utusan tiga kementerian berkunjung ke Kabupaten Ende, 5 November 2019. Utusan tiga kementerian tersebut yakni tim Kementerian Dalam Negeri, tim Kementerian Sekretaris Negara, dan tim Kementerian Luar Negeri.

Kehadiran mereka memiliki agenda untuk memperkuat dan melakukan evaluasi penyelenggaraan program Rikolto Veco Indonesia yang bermitra dengan Koperasi Agro Niaga Asosiasi Petani Kakao Nangapenda (Kopan SIKAP) di Kabupaten Ende.

Targetnya memperkuat kapasitas kelembagaan ekonomi desa.

Selama di Ende, tim memantau aktivitas Rikolto Veco Indonesia yang sudah 20 tahun membangun komunitas kelompok tani. Sejauh ini Rikolto Veko cukup intens mengadvokasi petani kakao sejak tahun 2011.

Ketua Kopan SIKAP Nangapanda, Rudolfus Ndate menjelaskan, sejauh ini pendampingan Rikolto Veko telah mampu mengubah cara pandang dan pola pertanian masyarakat dari pola hutan kakao menjadi pola kebun kakao

iklan

Pola yang mulai dikembangkan yakni Pemangkasan, Pemupukan, Panen Sering dan Sanitasi (P3S).  Pola ini memberikan dampak bagi meningkatknya hasil panen petani

“Dari biasanya 250 kilogram setiap hektare menjadi 600 kilogram setiap hektare,” kata Ndate.

Menurut Ndate, kerja sama Rikolto Veco Indonesia dan Kopan SIKAP juga mampu menghadirkan eksportir yakni PT Selebes. PT Selebes membeli kakao langsung dari petani di wilayah Nangapanda dan Kecamatan Ende.

Kehadiran eksportir ini, beber Ndate, mampu menjaga stabilitas harga.

Ndate berharap kerja sama antara Rikolto Veko Indonesia dan pemerintah Indonesia terus berlanjut karena banyak petani yang masih membutuhkan pendampingan.

“Saya juga berharap Pemkab Ende untuk dukung para petani kakao melalui penyediaan infrastruktur penunjang kegiatan pertanian dan program program diversifikasi tanaman untuk membuat petani lebih tahan terhadap perubahan iklim,” ungkap Ndate.

Ia menegaskan, Kabupaten Ende harus mampu menciptakan branding kakao sebagai salah satu komoditas unggulannya.

Kakao sektor Officer Rikolto Veko Indonesia, Maria Beribe kepada wartawan mengatakan, pihak kementerian mengapresiasi beberapa program Rikolto Veco Indonesia di beberapa daerah. Hal ini terutama karena mampu memberdayakan petani kakao dan kewirausahaan orang muda.

Maria berharap, proses pembelajaran yang sudah dilakukan Rikolto Veco Indonesia kepada Kopan SIKAP mampu menjaring mitra bisnis dan mengembangkan usaha.

Selain itu ia meminta petani untuk lebih mandiri, fokus pada peningkatan produksi melalui praktek sekolah lapang, perbaikan kloon, pembibitan, dan diversifikasi tanaman.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA