Kisah Alen, Bocah Penderita Ginjal Bocor di Manggarai Timur

Borong, Ekorantt.com – Sungguh memilukan nasib Antonius Fransiskus Alen, 8 tahun, asal Kampung Sola, Desa Ruan, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur.

Alen, panggilan akrabnya, menderita Sindrom Nefrotik atau yang sering dikenal dengan ginjal bocor. Sakit yang menimpa Alen bermula sejak tahun 2014, saat usianya masih empat tahun.

Ayah Alen, Aleksius Aleng merasa sedih saat mengetahui anaknya sakit. Aleksius bilang, tanda-tanda sakit sudah nampak saat Alen masih kecil.

“Awalnya, alat kelaminnya membesar. Ia mengalami ginjal bocor,” kata Aleksius di kediamannya, Sabtu (25/1/2020).

Kemudian, Alen masuk rumah sakit pada tahun 2014. Saat itu, dokter di RSUD dr. Ben Mboi Ruteng memintanya untuk diopname. Dokter juga meminta untuk rutin berobat.

iklan

“Ada BPJS dan Alen rutin diperiksa di RSUD Ben Mboi dengan harapan bisa disembuhkan. Namun sampai sekarang belum sembuh,” kata Aleksius.

Aleksius bingung harus berbuat apa lagi. Di tengah kegelisahannya, ia berhadapan dengan masalah kesulitan biaya. Ekonomi keluarga yang pas-pasan ditambah dengan beban pengobatan Alen membuatnya tak berdaya.

“Terus terang, saya kesulitan biaya mengobati anak saya,” tuturnya pasrah.

Karena sakitnya tersebut, Alen juga harus berhenti sekolah. Ia tak bisa melanjutkan pendidikannya di sekolah dasar lantaran tidak bisa duduk dan berdiri dalam waktu yang lama.

“Karena penyakitnya, Alen berhenti sekolah. Ia tidak bisa duduk berjam-jam untuk mendapatkan pelajaran dari gurunya. Kasihan, ia berhenti,” kata Aleksius.

Ia juga tak bisa menikmati masa kecil seperti anak-anak seusianya. Saat anak-anak yang lain bermain sepuasnya, Alen hanya bisa bergelut dengan sakitnya. Itulah yang membuat Aleksius sedih.  

Aleksius terus mencari jalan keluar untuk kesembuhan anaknya dan berharap bantuan dari pihak lain. Di sisi lain, Alen tetap tegar. Berjuang keras melawan sakitnya.

“Saya sedih sekali. Saya juga mohon bantuan orang yang bisa bantu,” harapnya.

Adeputra Moses

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA