Foto dok Taman Nasional Kelimutu

Ende, Ekorantt.com – Merebaknya wabah corona menyebabkanbeberapa tempat pariwisata di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tutup. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kunjungan wisatawan ke destinasi-destinasi pariwisata yang ada.

Salah satu destinasi yang ditutup yakni Taman Nasional Kelimutu (TNK). Pihak Balai Taman Nasional Kelimutu  menutup TNK selama dua bulan ke depan

“Untuk mencegah resiko penularan Corona Virus Disease (Covid-19) bagi pengunjung, petugas, pelaku wisata, dan masyarakat, maka Balai Taman Nasional Kelimutu melakukan penutupan kunjungan wisata di taman nasional kelimutu terhitung mulai hari Minggu tanggal 22 Maret 2020 sampai dengan hari Jum’at tanggal 29 Mei 2020,” demikian rilis Balai Taman Nasional Kelimutu yang ditandatangani Kepala TNK, Persada Agussetia Sitepu 20 Maret 2020 lalu.

Penutupan wisata Danau Tiga Warna di Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende ini merujuk pada surat Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat nomor BU.005/perekraft/2020 perihal penundaan festival pariwisata dan penutupan destinasi wisata di NTT.

Penutupan ini juga menindaklanjuti surat edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan tentang pencegahan penyebaran Covid-19 di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Merespons penutupan Taman Nasional Kelimutu, sejumlah pelaku wisata sepakat dengan langkah yang dilakukan pihak otoritas Taman Nasional Kelimutu.

Salah satu pelaku wisata, Yulianus Irwan telah membatalkan dua paket perjalanan wisata keliling Flores, termasuk ke Danau Kelimutu pada bulan April dan Mei 2020 mendatang.

“Memang dampak corona sangat mengganggu pariwisata, apalagi kami yang hidup dari pariwisata. Tapi mau bilang apa. Kita harus menerimanya. Langkah balai TNK sudah bagus,” ujar Yulianus.

Yulianus juga berharap agar wabah corona bisa diatasi sehingga aktivitas pariwisata dapat berjalan seperti sediakala.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here