Seorang PDP di Flotim Meninggal Dunia, Jenazah Dikuburkan Sesuai Protap Covid-19

Larantuka, Ekorantt.com – Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 asal Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Larantuka, Rabu (06/05/2020) pukul 01.00 dini hari.   

Juru Bicara Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Flores Timur, dr. Agustinus Ogie Silimalar membenarkan kejadian tersebut.

“Selama ini 1 PDP tengah dirawat oleh RSUD Larantuka. Pasien meninggal tadi malam, sekitar pukul 01.00 Wita. PDP tersebut adalah orang tua berusia 60 tahun yang mempunyai riwayat sakit paru-paru,” jelas dr. Ogi.

dr. Ogi menjelaskan, proses pemulasaran hingga pemakaman jenazah dilaksanakan sesuai dengan protokol Covid-19.

“Jenazah telah dikuburkan di kampung halamannya di Boru pada pukul 05.00 pagi. Semua proses pengemasan sampai penguburan dilakukan sesuai petunjuk negara agar tidak tertular ke orang lain,” tutur dr. Ogi.

iklan

PDP tersebut, lanjut dr. Ogi, belum dapat dipastikan apakah sudah positif Covid-19 atau belum. PDP juga tidak memiliki riwayat perjalanan dari zona merah Covid-19 namun memiliki cucu yang baru pulang dari Bali.   

“Dua orang cucunya yang baru pulang dari Bali. Mereka tidak tinggal serumah. Kedua cucunya tinggal di rumah yang disiapkan oleh warga desa setempat. Hanya orang tua yang meninggal ini mempunyai riwayat sakit paru-paru sejak tahun 2017,” jelas dr. Ogi.

“Kita belum dapat memastikan beliau sudah positif corona atau belum. Namun untuk memastikannya kita ambil sampel swabnya, dan akan segera dikirim ke Kupang untuk diperiksa,” tutupnya.

TERKINI
BACA JUGA