Karang Taruna Nuba Nanga-Desa Geliting Aktif Cegah Penyebaran Covid-19

Maumere, Ekorantt.com – Karang Taruna Nuba Nanga Desa Geliting, Kecamatan Kewapante, Kabupaten Sikka tidak bisa dipandang sebelah mata. Mereka adalah kumpulan orang muda Desa Geliting yang memiliki semangat luar biasa untuk membangun desanya.

Organisasi yang dibentuk sejak tanggal 14 Februari 2019 ini terus berkontribusi untuk masyarakat dalam pelbagai bidang. Sudah banyak kegiatan yang dijalankan dengan melibatkan seluruh masyarakat Desa Geliting, bahkan sebagian kegiatan melibatkan desa tetangga juga sekolah-sekolah dari tingkat dasar sampai tingkat menengah.

Di tengah pandemi Covid-19, seperti yang disampaikan Koordinator Bidang Pendidikan dan Pelatihan Karang Taruna Nuba Nanga, Henny Blaan kepada Ekora NTT Senin (11/5/2020),  Nuba Nanga ikut berpartisipasi dalam mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjadi anggota tim relawan.

Berbagai kegiatan sudah dilakukan sejak tanggal 27 Maret 2020. Kegiatan, kata Heny, diawali dengan pendirian Posko, pengadaan wastafel umum yang dibuat di empat titik posko. Juga menyiapkan spanduk sosialisasi pencegahan Covid-19 di setiap dusun yaitu dusun Bajo, Jedawair, dan Kloangbolat.

“Bersama petugas kesehatan setempat melakukan pendataan terhadap pelaku perjalanan dengan turun lansung di kediaman mereka, memantau kepatuhan mereka dalam melakukan karantina mandiri di rumah, mengkaji riwayat perjalanan dan selalu memantau kondisi kesehatan mereka,” jelas Heny.

iklan

Selain itu, tambah Heny, mereka juga melakukan penyemprotan disinfektan di 450 rumah dan tempat-tempat umum yang dilakukan sekali dalam dua minggu. Timnya  juga membagikan selebaran imbauan kepada masyarakat dan masker bagi petugas jaga malam di setiap portal yang dibangun di Desa Geliting.

“Tidak hanya itu, Karang Taruna Nuba Nanga juga terlibat langsung dalam proses pendataan calon penerima BLT juga pendataan penilaian resiko pribadi Covid-19,” katanya.

Apa yang dilakukan saat ini adalah bentuk kepedulian terhadap masyarakat Geliting. Hal ini tidak terlepas dari motivasi dan petuah dari Pembina Karang Taruna yang juga Kepala Desa Geliting, Makarius Oskar.

“Setiap perubahan datang dari pemuda. Dia adalah tulang punggung pembangunan. Saya yakin anak muda di desa ini bisa menciptakan terobosan baru untuk pembangunan Desa Geliting,” kata Kades Makarius.

Pernyataan tersebut memantik semangat kaum muda Karang Taruna Nuba Nanga. Anak muda menjadi garda terdepan pembangunan di desa dan juga wadah untuk menyiapkan kader pemimpin masa depan.

Yuven Fernandez

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA