BPBD Matim Bagi Masker dan Edukasi Warga tentang New Normal

Borong, Ekorantt.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Manggarai Timur (Matim) bagi masker dan memberikan edukasi kepada warga tentang kehidupan normal baru atau new normal – di mana masyarakat diizinkan untuk beraktivitas, tapi harus tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Menurut Kepala BPBD Matim, Anton Dergong, sejak pemberlakuan new normal pada Senin (15/6/2020), hampir setiap hari kerja, pihaknya mendatangi pasar-pasar mingguan di setiap kecamatan, untuk membagikan masker kepada pengunjung yang tidak memakai masker.

Ia mengatakan, sebelum membagi masker kepada warga, pihaknya terlebih dahulu memberikan edukasi tentang pentingnya mengikuti protokol kesehatan di era new normal, sehingga dapat mengurangi resiko penularan Covid-19.

“Kami edukasi warga supaya tetap pakai masker, jaga jarak, selalu cuci tangan di air mengalir menggunakan sabun dan lainnya,” katanya kepada Ekora NTT, Sabtu (20/6).

Anton mengatakan, hingga kini, sebagian pasar Mingguan di Manggarai Timur telah mereka jangkau.

iklan

“Berdasarkan pengamatan kami di pasar-pasar mingguan di kecamatan-kecamatan yang sudah kami datangi, masih banyak pengunjung yang tidak pakai masker dan tidak jaga jarak selama beraktivitas di pasar,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, di pasar-pasar itu juga, tidak disiapkan fasilitas cuci tangan.

Anton mengatakan, selain di pasar-pasar mingguan, mereka juga akan memberikan edukasi dan membagi masker di rumah-rumah ibadah.

Menurutnya, meskipun Matim nol kasus Covid-19, sikap waspada harus tetap tertanam dalam setiap pribadi masyarakat.

Apalagi, kata dia, di era new normal ini, akses transportasi antar daerah sudah dilonggarkan, sehingga peluang untuk terjadi penularan Covid-19 sangat besar.

“Setiap kali beri edukasi ke masyarakat, kami selalu sampaikan agar tetap waspada dengan cara tetap mengikuti protokol kesehatan,” pungkasnya.

AMR

TERKINI
BACA JUGA