Flu Babi Afrika Sebabkan Ratusan Babi di Magekapa-Ende Mati

Ende, Ekorantt.com – Ratusan babi milik warga di Desa Magekapa, Kecamatan Maukaro, Kabupaten Ende mati, diduga akibat diserang penyakit virus flu babi Afrika atau African Swine Fever.

Hingga saat ini, tercatat 300 ekor ternak babi telah mati. Angka kematian babi disinyalir terus meningkat karena wabah virus telah menyebar ke beberapa desa lain. Demikian disampaikan tokoh muda Magekapa Yoseph Raja saat dikonfirmasi Ekora NTT, Selasa (21/07/2020).

Menurut Yoseph, petugas dari dinas pertanian dan peternakan Kabupaten Ende telah terjun langsung ke lokasi untuk memantau dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

“Saat ini kami pasrah. Sudah ratusan ekor babi yang mati. Bahkan di desa tetangga Desa Kobaleba juga kasusnya sudah ada. Kerugian bisa ditaksir puluhan juta rupiah,” ujar Yoseph.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ende, Marianus Alexander membenarkan kasus kematiaan ternak babi di Kecamatan Maukaro.

iklan

Marianus mengatakan, sesuai data yang dilaporkan petugas lapangan, jumlah babi yang mati di wilayah Kabupaten Ende mendekati 500-an ekor hingga saat ini.

“Benar sudah ada kasus. Untuk penyebab kematian ratusan ekor babi itu, kami masih menunggu uji lab terhadap sampel babi yang sudah dikirim ke Denpasar dan Medan, apakah akibat ASF atau kolera,” ungkap Marianus.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA