Balai TN Kelimutu Tumbuhkan Rasa Peduli Lingkungan Lewat ‘School Visit’

Ende, Ekorantt.com – Balai Taman Nasional Kelimutu mengadakan kegiatan School Visit berupa kunjungan para pelajar di areal Danau Kelimutu Kamis, 12 November 2020. Sekitar 30 pelajar berkesempatan untuk melihat lebih dekat pesona danau tiga warna.

Adapun 30 pelajar ini berasal dari sekolah-sekolah di sekitar Taman Nasional Kelimutu seperti SDK Waturaka, SDI Pemo, dan SDK Woloara 2. School Visit sedikitnya mengobati kerinduan anak-anak yang masih berhadapan dengan situasi sulit di tengah pandemi Covid-19. Mereka merindukan situasi normal sehingga mereka bisa ke sekolah lagi.

Pihak Balai TN Kelimutu menegaskan bahwa kegiatan School Visit bertujuan untuk memperkenalkan kepada anak-anak tentang konservasi alam. Di samping itu, kegiatan tersebut bisa menumbuhkan dalam diri anak-anak rasa peduli dan cinta terhadap lingkungan sekitar, khususnya kelestarian alam di kawasan TN Kelimutu.

Kegiatan diisi dengan pengenalan tentang ekosistem hutan Kelimutu, flora dan fauna endemik, serta jenis sampah organik dan anorganik. Setelah pemaparan materi, anak-anak yang didampingi gurunya diajak melihat langsung salah satu tumbuhan endemik yang ada di Arboretum TN Kelimutu yaitu Uta Onga (Begonia Kelimutuensis).

Mereka juga melakukan aksi clean up sampah yang ada di sekitar area wisata Danau Kelimutu, lalu dilanjutkan dengan permainan yang seru dan menyenangkan.

iklan

Anak-anak melakukan aksi penanaman anakan pohon cemara gunung di sekitar area parkir. Pada akhir acara, anak-anak mendapatkan bingkisan paket peralatan sekolah dari petugas TN Kelimutu

Pihak balai TN Kelimutu berharap anak-anak tumbuh menjadi pribadi yang peduli terhadap kelestarian alam Kelimutu tercinta.

TERKINI
BACA JUGA