Asal Usul Hari Pers Nasional

Borong, Ekorantt.com – Hari Pers Nasional (HPN) pertama kali dirayakan secara resmi di Gedung Utama Pekan Raya Jakarta pada 9 Februari 1985.

Gagasan awalnya muncul pada Kongres ke-16 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Padang, Sumatera Barat pada Desember 1978. Salah satu keputusan kongres waktu itu adalah mengusulkan kepada pemerintah agar menetapkan tanggal 9 Februari sebagai HPN.

Sebelumnya, meski belum ditetapkan oleh pemerintah, HPN diperingati pertama kali pada 9 Februari 1981 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Peringatan HPN waktu itu bertepatan dengan ulang tahun PWI ke-35.

Dalam sidang ke-21 Dewan Pers di Bandung, usulan penetapan tanggal 9 Februari sebagai HPN disetujui Dewan Pers untuk disampaikan ke pemerintah.

Akhirnya, HPN disetujui dan ditetapkan oleh pemerintah melalui Keputusan Presiden Nomor 5 Tahun 1985.

iklan

HPN diperingati setiap 9 Februari bertepatan dengan hari lahir PWI, yaitu tanggal 9 Februari 1946.

HPN 2021

HPN tahun ini bertajuk “Bangkit Dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi, Pers sebagai Akselerator Perubahan”.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan Presiden Joko Widodo akan menghadiri acara puncak HPN dari Istana Merdeka secara virtual pada 9 Februari 2021.

Pratikno menyampaikan rencana kehadiran Presiden ketika menerima audiensi secara virtual pengurus PWI Pusat dan Panitia HPN 2021.

Ia berharap, peringatan HPN tahun ini menjadi salah satu pilar demokrasi bersama negara mengawali kebangkitan dan kekuatan untuk keluar dari pandemi Covid-19.

Sumber: Kompas.id, Tirto.id.

 

TERKINI
BACA JUGA