Sidak ke Sejumlah OPD, Bupati Endi : Yang Malas Kami Rumahkan

Labuan Bajo, Ekorantt.com – Bupati Manggarai Barat (Mabar), Edistasius Endi, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD), Senin (1/3/2021) pagi sekitar pukul 06.50 Wita.

Sidak dimulai dari kantor bupati, kemudian dilanjutkan ke kantor Perumahan Rakyat Pemukiman dan Pertanahan. Di kantor ini Bupati Endi tampak geram lantaran banyak menemukan sampah yang berserakan.

“Lingkungan kamu punya di sini sangat jorok. Sampahnya banyak. Padahal kita selalu bicara Labuan Bajo ini tempat pariwisata super premium,” ujar Bupati Endi.

Semestinya kata Bupati Endi, pemerintah harus memberikan contoh yang baik kepada masyarakat.

Ia mengaku sudah memerintahkan dinas kesehatan dan gugus tugas Covid-19 untuk melakukan sidak di seluruh OPD.

iklan

Apabila ditemukan kondisi kantor tidak terawat dan bau maka para pegawai langsung dikarantina dan ditetapkan sebagai pasien Covid-19.

“Hanya orang positif Covid-19 yang tidak bisa merasakan bau. Jadi yang kebersihan wc nya tidak dijaga dan bau akan dinyatakan positif Covid-19,” ujarnya.

Seusai dari kantor tersebut, Bupati Endi menuju Dinas Kesehatan (Dinkes). Ia pun mengikuti apel bersama para pegawai di halaman kantor tersebut. Bupati Endi meminta Dinkes untuk bekerja secara serius untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Teman-teman di Dinas Kesehatan adalah garda terdepan untuk memutuskan penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Selanjutnya, Bupati Endi menuju kantor bupati dan melakukan pertemuan bersama sejumlah pimpinan OPD.

Kepada wartawan Bupati Endi menegaskan, musuh bersama yang dihadapi saat ini adalah, Covid-19, etos kerja yang rendah dan kemiskinan.

Ia mengatakan profesionalitas ASN di Manggarai Barat sangat rendah. “Profesionalitas ASN di Mabar 34 persen. Ini angat-sangat rendah,” ujarnya.

Ketua DPD NasDem Mabar ini bahkan tidak sungkan memberhentikan para pegawai yang malas bekerja.

“Yang tidak mau kerja kami rumahkan. Daripada Ngara atau kabupaten ini mencari uang untuk memberi gaji kepada orang-orang yang malas,” pungkasnya.

Sandy Hayon

TERKINI
BACA JUGA