Caritas Bangun Sinergi Bentuk Perkumpulan Penyandang Disabilitas di Ende

Ende, Ekorantt.com – Yayasan Caritas Keuskupan Agung Ende yang dipimpin RD. Sipri Sadipun giat melakukan konsolidasi bersama empat kelompok penyandang disabilitas yang tersebar beberapa wilayah di Ende. Konsolidasi tersebut untuk membentuk Perkumpulan Penyandang Disabilitas Kabupaten Ende (PPDKE).

Saat ini, Caritas bersama pengurus kelompok difabel melakukan road show ke beberapa stakeholder baik DPRD, Sekda maupun Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Ende.

Road show tersebut dilakukan menyambut deklarasi pembentukan PPDKE yang sedianya akan dilaksanakan pada Mei 2021.

Hal ini disampaikan Program Manager Rehabilitasi Berbasis Masyarakat Caritas Keuskupan Agung Ende, Andi Paulino Ginta kepada Ekora NTT pada Jumat, (05/03/2021).

“Tujuannya agar ada kemandirian dan kesejahtetaan. Jadi saudara-saudara difabel didorong dalam pembangunan inklusif. Kita fasilitasi agar mereka bisa berdaya,”ujar Ginta.

iklan

Senada dengan Andi, Ketua Komunitas Sa Ate Onekore, Kristina Pero menyampaikan apresiasi atas gagasan Yayasan Caritas untuk membentuk perkumpulan para penyandang disabilitas.

Kristin menyampaikan, selama road show pihaknya mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Ende.

“Semua pimpinan OPD yang kami temui semuanya mendukung. Saat ini kita sedang siapkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga termasuk Akta Notaris,”tutur Kristin.

“Sebangai penyandang disabilitas, kami merasa ada semangat kemandirian yang ada pada kami untuk terlibat dan berdaya secara ekonomi. Prinsipnya semua potensi yang ada pada kami harus dikembangkan,”sambung dia.

Sementara Ketua Kelompok Komunitas Disabilitas Wolomoni di Kecamatan Detusoko, Hironimus Minggu mengaku bangga dan bersedia untuk membangun solidaritas antar anggota untuk menciptakan peluang usaha.

“Jika difasilitasi dengan baik oleh pemerintah maka kami yakin kami juga bisa mandiri,”kata Hironimus, singkat.

TERKINI
BACA JUGA