Walau Diterpa Pandemi, Pasutri Muda di Sikka ini Rintis Usaha Percetakan

Maumere, Ekorantt.com – Di tengah kesulitan ekonomi akibat Covid-19, justru ada yang mampu melihat peluang dengan keberlanjutan ekonomi rumah tangga. Ini terjadi pada pasangan muda Gunz Dhede-Heny Blaan yang pandai melihat peluang di setiap kondisi. Gunz-Heny melakoni usaha percetakan dan seni yang dirintis di tengah Covid-19.

Pasangan ini unik karena punya bakat seni yang sama tetapi beda disiplin ilmu. Gunz seorang Sarjana Filsafat sementara Heny adalah Sarjana Keperawatan. Tetapi  dalam bakat dan seni, keduanya dipersatukan dalam Cerca Trova Printing Art, demikian nama usaha mereka.

“Bukan hanya melayani kebutuhan  percetakan, Cerca Trova (CA) juga menerima pesanan di bidang seni seperti pesanan lukisan dan ukiran,” ujar Heny dan Gunz.

Gunz menuturkan, percetakan CT yang beralamat di depan jalan Trans Maumere- Larantuka RT 005/ RW 002, Dusun Bajo, Desa Geliting, Kecamatan Kewapante ini memiliki semacam spirit bahwa segala sesuatu mesti dicari. Mesti bekerja dengan sungguh.

“Carilah maka kamu akan menemukan. Kira-kira begitu spirit kami Ini merupakan pesan rahasia yang tersembunyi dalam sebuah lukisan Leonardo da Vinci. Dan kami terinspirasi dari situ,” ujar Gunz.

iklan

Saat awal pandemi, percetakan CT baru berjalan dua minggu dan isu penyebaran virus corona bertiup kencang. Mulai adanya pembatasan sosial, semua aktivitas dibatasi.

“Kami galau. Ada kekhawatiran bagaimana menjalani usaha baru dibuka langsung ditampar pandemi. Puji Tuhan CT tetap tegar hingga sekarang,” kata Heny.

Blessing in disguise! Di tengah badai corona yang semakin kencang, pasangan ini menerima banyak berkat. Banyak pesanan spanduk dari desa yang membentuk tim gugus tugas tingkat desa yang berisikan informasi tentang Covid-19, juga kelengkapan berupa kartu identitas, nametag, juga stiker.

Dalam menjalankan usaha percetakan, diakui Heny, banyak orang bertanya apakah tidak sulit menjalankan usaha bersama pasangan. Kesulitannya adalah menyatukan dua ide yang berbeda.

“Tidak jarang ada perdebatan dan pertengkaran kecil.Tetapi kami anggap itu sebagai bagian dari proses. Dinikmati saja karena tidak semua orang bisa punya kesempatan itu,” ujar Heny.

Heny juga memberikan tips sukses menjalani usaha bersama, sangat dibutuhkan kerjasama, kesabaran, komitmen, dan saling memahami satu sama lain agar tujuan dapat tercapai bersama.

Yuven Fernandez

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA