Penjual Ikan Keliling Siti Soleha: Walau Puasa Tidak Menyurutkan Semangat untuk Layani Pelanggan

Maumere Ekorantt.com- Bulan Suci Ramadhan 1442 H selalu dimanfaatkan kaum muslimin dan muslimat untuk menyucikan diri dan beramal melalui berpuasa, shalat dan membayar zakat. Pada hari- hari awal puasa biasanya banyak umat yang keletihan fisik. Harus menahan lapar dan dahaga.

Siti Soleha ( 57) penjual ikan keliling yang ditemui EkoraNTT pada Rabu 14 April 2021 mengatakan, di bulan puasa kali ini tidak melunturkan semangatnya dalam melayani pelanggannya dari rumah ke rumah.

“Saya bekerja sebagai penjual ikan keliling sejak tahun 2005,” ujar warga Kelurahan Wolomarang,kecamatan Alok Barat, Kabupaten Sikka ini.

Rutinitas kegiatan kata Siti, di pagi hari pukul 03.00 dinihari sahur dan pukul 04.00 saat shalat subuh. Setelah itu langsung ke TPI untuk membeli ikan dan melayani pelanggan dari rumah ke rumah di wilayah Misir Maumere.

Ikan tersebut beber Sity, dibeli seharga Rp.300.000 per boks, lalu dijual Rp.20.000 delapan ekor ikan. “Untungnya lumayan. Pelanggan saya ada puluhan orang,” ujarnya.

iklan

Sity memiliki sembilan orang buah hati. Beberapa diantaranya telah menamatkan pendikan Sekolah Menengah Atas (SMA). Sementara suaminya dulu bekerja sebagai nelayan. Namun, karena sudah tua suaminya mengahabiskan waktu di rumah.

Meski demikian Soleha tidak putus asa. Ia tetap bekerja dan menjadi tulang punggung keluarga.

Menurut nenek dari 14 cucu ini berpuasa itu menahan lapar dan haus tapi dilakukan dengan niat tulus, selalu berdoa dan beramal.

“Semangat bekerja pada bulan Ramadhan seperti hari- hari sebelumnya. Tetap cerah dan penuh semangat. Walau dalam kesibukan menjual saya tidak lupa shalat,” ujarnya.

Yuven Fernandez

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA