Calon Komisioner Komisi Nasional Disabilitas, Difabel Ini Minta Dukungan Masyarakat NTT

Maumere, Ekorantt.com – Maria Norma Yunita Ngewi (36) warga Maumere, Kabupaten Sikka, NTT juga turut berkompetisi mengisi jabatan komisioner pada Komisi Nasional Disabilitas (KND).

KND adalah lembaga nonstruktural yang bersifat independen kini telah dibentuk berdasarkan Perpres Nomor 68 Tahun 2020 tentang Komisi Penyandang Disabilitas (KND). KND mempunyai tugas melaksanakan pemantauan, evaluasi, advokasi pelaksanaan penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas.

Ia merupakan salah satu difabel (daksa) dari NTT bersama calon lain di Indonesia yang bertarung dalam hajatan ini.

Norma, demikian ia disapa, dikabarkan sudah lulus seleksi administrasi yang selanjutnya akan mengikuti ujian kompetensi, membuat makalah dan tahapan uji publik.

Dalam tahapan ini, tentunya ia membutuhkan dukungan masyarakat NTT secara umumnya sebagai Komisioner KND. Dukungan dengan cara membuat pernyataan dukungan dan masukan serta informasi tentang dirinya lalu dikirim melalui email panselknd@kemensos.go.id. atas nama Maria Norma Yunita Ngewi nomor urut 109.

iklan

“Dukungan doa dan dukungan lewat email sungguh berarti bagi saya untuk melangkah pada test- test selanjutnya,”tutur dia.

Sejarah singkat, Norma dibesarkan dan disekolahkan oleh seorang Misionaris Belgia yaitu Mary Jane D. Colson (biasa disapa mama Belgi). Ia menyelesaikan studinya di Denpasar-Bali dan Universitas Nusa Nipa-Maumere.

Dalam kegiatan keseharian, Norma menjabat sebagai sekretaris pada Yayasan Nativitas untuk menangani anak-anak terlantar di Kabupaten Sikka.

Selain itu, ia juga dipercayakan menjadi Ketua Forum Belarasa Difabel Nian Sikka (FORSADIKA) untuk memperjuangkan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas sesuai amanat konvensi HAM PBB, UUD 45, UU Nomor 19/2011 Tentang Rativikasi UNCRPD (pemenuhan hak difabel), UU Nomor 8/2016 Tentang Penyandang Disabilitas dan berbagai aturan turunannya.

Dengan kemampuan berkomunikasi yang sangat baik dan mampu berbahasa Inggris baik lisan maupun tertulis, berpengetahuan dan wawasan luas berkomitmen dan berdedikasi tinggi serta memiliki kapasitas, kapabilitas, kompetensi, disiplin dan memiliki integritas yang tinggi, Norma patut diunggulkan menjadi kader pemimpin masa depan yang gemilang.

“Saya mengajak masyarakat NTT khususnya warga Kabupaten Sikka memberi dukungan kepada Norma sebagai salah satu pengurus, Komisi Nasional Disabilitas yang sudah lulus seleksi administratifnya dan tinggal ujian kompetensi, membuat makalah dan tahapan uji publik,”kata Penasihat dan Motivator FORSADIKA, Ambros Dan.

Ambros juga mengatakan bahwa sudah saatnya Maria Norma Yunita Ngewi dapat didukung dari masyarakat sehingga ia dapat mewakili masyarakat NTT khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Yuven Fernandez

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA