Kasus Covid-19 di Ende Capai 102 Kasus, Vinsen Sangu: Pemerintah Cepatlah Bangkit

Ende, Ekorantt.com – Anggota DPRD Ende meminta pemerintah agar lebih serius dalam melakukan upaya penanganan dan pencegahan kasus Covid-19 di wilayah itu. Hal ini mengingat data positif Covid-19 di Ende terus melonjak dan bahkan sudah menyebar hingga ke desa-desa.

“Faktanya hari ini di Kecamatan Maurole, angka positif melonjak tinggi dan diantara itu para tenaga kesehatan juga bagian dari pasien positif bahkan telah memakan korban meninggal dunia. Saya mendesak pemerintah tidak menjadi penonton yang pasif, perlu bertindak cepat agar dapat mengendalikan penyebaran dan peningkatan pasien Covid-19,”tegas Vinsen Sangu, dalam rilis yang diterima media ini, Sabtu (19/06/2021) pagi.

Bila tidak segera turun tangan, lanjut Vinsen, maka angka positif Covid-19 di Kecamatan Maurole dan kawasan utara Kabupaten Ende akan terus melonjak.

Oleh karena itu, Vinsen mendesak pemerintah dan tim gugus tugas untuk memimpin dan menangani langsung penanganan Covid-19 di Kecamatan Maurole. Hal ini mengingat tim penanganan Covid-19 di Kecamatan Maurole sendiri, selain ada yang menjadi terpapar juga tidak dilengkapi baik keterampilan, sarana pendukung maupun pengetahuan yang memadai.

Ketua Komisi III ini juga meminta gugus tugas agar segera memperbanyak swab antigen ke Kecamatan Maurole terutama dipergunakan terhadap masyarakat yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien Covid-19.

iklan

“Pemkab segera memperpanjang masa istirahat pelayanan Puskesmas Maurole, karena banyak nakes (tenaga kesehatan) yang menjadi pasien positif Covid-19,”ucap Vinsen.

Ia mengusulkan jika pelayanan puskesmas diaktifkan maka pemerintah segera melakukan kebijakan transisi terhadap tenaga kesehatan dengan menempatkan nakes dari puskesmas lain.

Vinsen mendesak Bupati Ende, Djafar Achmad, untuk mengeluarkan kebijakan khusus di wilayah Kecamatan Maurole melalui menghentikan pelayanan publik seperti kantor pemerintah, bank, pasar, sekolah dan segala bentuk kegiatan yang menimbulkan kerumuan warga sehingga pola dan peta penyebaran Covid-19 bisa dikendalikan.

“Kecamatan Maurole hari ini adalah cerminan kondisi wilayah yang terdampak Covid-19 tapi jauh dari pusat administrasi pemerintah daerah, jauh dari pusat Sekretariat Satgas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Ende, kita minta pemerintah cepatlah bangkit,” ujar Ketua Fraksi PDIP itu.

“Sebagai wajah pelayanan dan perhatian dari pemerintah kabupaten, saya mendesak pemerintah untuk bergerak cepat dan bertindak tepat dalam penanganan Covid-19 agar rakyat dan daerah kita dapat selamat dari ancaman kematian Covid-19,” tutup Vinsen.

Untuk diketahui, lonjakan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Ende cukup signifikan. Tercatat hingga 18 juni 2021 data gugus tugas Kabupaten Ende mencatat 102 kasus positif.

Angka tersebut menyebar di sejumlah wilayah yakni Kecamatan Maurole 20 kasus, Wolowaru 8 kasus, Kecamatan Kelimutu 12 kasus, Kecamatan Ende Timur 21 kasus dan Ende Tengah 23 kasus.

Kemudian, Kecamatan Pulau Ende 8 Kasus, Kecamatan Lepembusu Kelisoke 2 kasus, Kecamatan Ende Selatan 5 kasus dan Kecamatan Ndona 1 kasus serta Kecamatan Kotabaru 1 kasus.

TERKINI
BACA JUGA