Pesan Nakes yang Terpapar Covid-19 di Flotim: Jangan Takut Dijauhi Orang-Orang Sekitar

Larantuka, Ekorantt.com – Kasus Covid-19 di Kabupaten Flores Timur (Flotim) melonjak. Bukan hanya warga biasa yang terpapar, tetapi juga ada beberapa tenaga kesehatan (Nakes) yang bertugas di  RSUD dr.Hendrikus Fernandez Larantuka. FBM, seorang perawat yang bertugas di ruang operasi RSUD tersebut, salah satunya.

Ia mengisahkan bahwa dirinya tidak tahu persis kapan terjangkit virus korona. Sebelum didiagnosa positif, ia menjalani dinas malam dan sempat ikut operasi pasien sesar yang reaktif antigen. Saat operasi itu, ia menggunakan APD lengkap.

Dua hari setelah operasi itu, saat FBM mencuci tangan, ia tidak bisa mencium bau sabun.

“Saya coba pakai sabun apapun juga saya tidak bisa cium. Akhirnya saya  langsung ke lab untuk test siang itu dan hasilnya positif,” ceritanya.

Ia pun langsung memisahkan diri dari keluarga dan menjalani karantina mandiri. FBM tidak bisa keluar rumah dan tidak bisa berinteraksi dengan orang-orang sekitar.

iklan

“Sendiri masak dan makan, juga perhatikan obat yang diberikan dari puskesmas,” terangnya.

Aktivitas sehari-hari ia jalani tanpa beban. Awalnya ia panik dan gelisah. Tetapi sekarang ia lebih tenang dan luwes. 

“Ada banyak dukungan dari teman-teman medis kepada saya,” ujarnya.

FBM mengimbau kepada masyarakat agar segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan, jika ada gejala ke arah Covid-19. 

“Jangan takut dijauhi orang-orang sekitar atau teman-teman kita, dan orang-orang yang kita sayang. Justru kita bangga sudah selamatkan mereka. Mereka tidak menderita karena kelalaian kita,” pungkasnya.

Yurgo Purab

TERKINI
BACA JUGA