Pasien Covid-19 Bertambah, RSUD Ruteng Butuh Penambahan Fasilitas dan Nakes

Ruteng, Ekorantt.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Ben Mboi Ruteng butuh penambahan fasilitas dan tenaga kesehatan (Nakes) di tengah melonjaknya kasus positif Covid-19.

Direktur RSUD Ruteng, dr. Imaculata Veronica Djelulut, mengatakan bahwa dalam rapat dengan pemerintah Kabupaten Manggarai yang digelar dua minggu lalu, pihaknya telah menyampaikan jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit itu, cenderung bertambah. 

Oleh karena itu, pihaknya, kata dia, berencana untuk menambahkan fasilitas seperti ruangan untuk penambahan kapasitas tempat tidur bagi pasien-pasien Covid-19 yang sedang dirawat.

Dokter Imaculata menyebut, sejak 1 juli, ada penambahan 11 tempat tidur untuk ruangan ICU, di mana sebelumnya hanya ada 6 tempat tidur.

Sedangkan, di ruangan isolasi jumlah tempat tidur masih seperti sebelumnya, yakni 9 unit.

iklan

Selain penambahan tempat tidur, kata dia, pihaknya juga sedang mengatur pengalihan ruangan, di mana ruangan bedah hendak dijadikan ruangan perawatan pasien Covid-19, dan pasien yang hendak dioperasi akan dipindahkan ke ruangan Flamboyan. 

“Ruangan perawatan bedah itu dengan kapasitas 15 tempat tidur. 15 tempat tidur ini nanti untuk menambah jumlah tempat tidur perawatan isolasi,” ujarnya.

Dokter Imaculata mengatakan bahwa ia juga telah mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai untuk penambahan Nakes di Rumah Sakit dr. Ben Mboi.

Menurutnya, pihaknya meminta tambahan Nakes, mengingat adanya penambahan satu ruangan baru untuk perawatan pasien Covid-19.

“Pihak rumah sakit membutuhkan sekitar 15 hingga 17 Nakes,” ucapnya.

Ia mengatakan, usulan tersebut sudah mendapat atensi Bupati Manggarai, Herybertus Geradus Laju Nabit.

Hal itu, lanjutnya, dibuktikan dengan respons Bupati Herry yang menelepon langsung Plt Kadis Kesehatan di sela-sela kegiatan peninjauan persiapan RSUD Ruteng dalam menangani pasien Covid-19, pada Kamis, 8 Juli 2021. 

“Kami cukup lega karena Pak Bupati langsung menelpon Plt. Kadis Kesehatan Kabupaten Manggarai untuk menanyakan hal ini,” sebutnya.

“Dan sebelum (bupati) pulang tadi, beliau mengingatkan bahwa hal ini (usulan penambahan Nakes) akan di-follow up,” tambahnya.

Menurut dr. Imaculata, para Nakes itu nanti tidak serta merta langsung ditugaskan di ruangan isolasi  Covid-19, tetapi akan bergabung dengan petugas lain yang sudah lama bekerja di rumah sakit itu.

“Bagaimanapun pasti butuh penyesuaian dengan lingkungan yang baru,” tutupnya.

Hingga kini, jumlah pasien Covid-19 yang sedang rawat di RSUD dr Ben Mboi sebanyak 19 orang, di mana 11 pasien dirawat di ruangan ICU, dan 8 lainnya di ruangan isolasi.

Adeputra Moses

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA