‘Ambulans Laut’ Kerja Sama YKS dan Kedutaan Jepang Tiba di Flores Timur

Larantuka, Ekorantt.com – Kapal ‘Ambulans Laut’, kerja sama Yayasan Kesehatan untuk Semua (YKS) dengan kedutaan Jepang tiba di Flores Timur pada Jumat, (30/7/2021).

“Kapal diantar dari Labuan Bajo tiba di Larantuka. Dan parkir di Pelabuhan Waibalun pada malam itu. Dan baru semalam tiba di pelabuhan umum Larantuka. Namun, belum langsung diturunkan karena memang masih tunggu dua orang galangan kapal (perusahaan pembuat kapal-red). Kemarin sore mereka turunkan di pelabuhan. Dan pagi tadi berlabuh di Flotim,” ujar Mansetus Balawala, Direktur YKS kepada media, Senin (2/8/2021).

Balawala mengatakan, ‘Ambulans Laut’ itu sangat cocok untuk beroperasi di wilayah Flores Timur.

“Ya, tepatnya di Flores Timur, karena mereka kesulitan transportasi antar pulau,” ungkap Balawala.

Menurutnya, ‘Ambulans Laut’ memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti, alat rekam jantung, tempat tidur pasien, bangku untuk petugas medis, dan banyak peralatan lainnya.

iklan

Soal pengelolaan, kata Balawala, kapal itu akan dihibahkan kepada Pemkab Flores Timur.

“Kami hanya sebatas mengawasi. Juga memastikan bahwa barang (Ambulans Laut-red) itu betul-betul diperuntukkan untuk kepentingan masyarakat,” terangnya.

Sebelumnya, Yayasan Kesehatan untuk Semua (YKS) mengajukan proposal ke kedutaan Jepang setelah melihat kebutuhan masyarakat. Dan kontraknya sudah ditandatangani bulan Maret  2021 lalu.

Menurut kedutaan Jepang di Indonesia, lanjut Balawala, kapal tersebut langsung dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Tidak perlu menunggu peresmian.

“Kami harap Dinas Kesehatan Flores Timur langsung mengoperasikan. Memang sudah jauh-jauh hari kami informasikan dan kami sudah update informasi ke pak Kadis. Sehingga kami berharap mereka bisa menyiapkan juragan dan ABK (Anak Buah Kapal). Sehingga besok bisa dikasih pelatihan singkat. Karena itu mereka harus menyiapkan juragan yang mahir bukan baru belajar. Selain itu nanti teknisi dari Surabaya bisa memberikan petunjuk-petunjuk penggunaan fasilitas Kapal,” tandasnya.

Balawala berharap, semoga dengan adanya fasilitas ‘Ambulans Laut’ ini, pasien lebih cepat mendapat pelayanan kesehatan.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA