Dua Desa di Ende Masuk 300 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

Ende, Ekorantt.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno telah mengumumkan 300 besar desa wisata dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 melalui akun youtube Kemenparekraf. Dua desa di antaranya berasal dari di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.

Kedua desa itu yakni Desa Detusoko Barat dan Desa Wolotopo Timur. Ditambah tiga desa dari NTT: Desa Wisata Wae Rebo (Manggarai), Desa Wisata Coal (Manggarai Barat), dan Desa Wisata Alor Besar (Alor).

Sandiaga Uno menjelaskan, tercatat ada lebih dari 70.000 desa di Indonesia sepanjang tahun 2021.

Demi mewujudkan desa wisata yang berkelas dunia, berdaya saing, dan berkelanjutan untuk Indonesia Bangkit, melalui Augerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, pihak Kemenparekraf mempersembahkan 1.831 peserta desa wisata, yang telah mendaftar dari 34 provinsi di Indonesia.

Jumlah ini, kata Sandiaga Uno, lebih dari dua kali lipat dari target semula yang 700 desa wisata.

iklan

Setelah melewati serangkaian tahap kurasi, berdasarkan penilaian dari dewan kurator terhadap 7 kategori penilaian, klasifikasi dan kelengkapan data yang ada di laman jadesta.com, diumumkan 300 besar desa wisata, ADWI 2021.

“Selamat dan semoga pencapaian ini bisa dijadikan motivasi untuk mengambangkan desa wisata menjadi desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan untuk Indonesia Bangkit,” tandasnya.

Bagi desa wisata yang belum masuk dalam 300 besar desa wisata, ADWI 2021, tetap semangat berinovasi, jangan lupa meningkatkan kolaborasi, dan jangan lelah beradaptasi, agar desa wisata lebih maju, mampu bersaing, serta berkelas dunia.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA