YTMI Gandeng Partai Golkar Gelar Vaksinasi bagi Pelajar SMA Alvares dan Warga Desa Paga

Maumere, Ekorantt.com – Yayasan Tunas Muda Indonesia (YTMI) bekerjasama dengan Partai Golkar menggelar vaksinasi Covid-19 bagi para pelajar di SMP dan SMA Alvarez Paga dan warga Desa Paga dan sekitarnya.

Vaksinasi dengan jenis vaksin Sinovac ini dilaksanakan di halaman SMA Alvarez Paga pada Selasa, (26/10/2021) pagi.

Hadir dalam pelaksanaan vaksinasi, pelajar SMP dan SMP Alvarez Paga, Kepala Puskesmas Paga, Gabriel Pelo Pendeti, Anggota DPRD Sikka, Antonius Hendrikus Rebu, Pengurus YTMI, Kepala sekokah SMA Swasta Katolik Alvarez, RM.Hermenegildus P. Mame, O.Carm, Kepsek SMP Katolik Alvarez Paga, Octavianus Tewu Setu, O.Carm, S.Fil, M.Th serta Ketua PPG Kecamatan Paga, Lukas Loge.

Ketua Yayasan Tunas Muda Indonesia (YTMI) Kabupaten Sikka yang juga Anggota DPRD Sikka dari Partai Golkar, Antonius Hendrikus Rebu mengatakan vaksinasi Covid-19 yang digelar selama dua hari yakni Selasa (26/10) dan besok, Rabu (27/10). Adapun vaksin dari Partai Golkar sejumlah 500 dosis dan dari YTMI sejumlah 500 dosis.

Ia menyebutkan vaksin partai dan YTMI yang disiapkan untuk Kabupaten Sikka sejumlah 5.000 dosis.

iklan

“Kecamatan Paga menjadi salah satu perhatian dari YTMI maupun Partai Golkar untuk menggelar vaksinasi. Usai dari SMA Alvarez, nanti kita jadwalkan lagi vaksinasi di SMA Negeri 1 Paga, SMK Santo Markus dan beberapa titik lokasi yang masih koordinasi dengan Puskesmas Paga,” ungkap Hengki Rebu.

Ia menyatakan dengan berjalannya program ini maka capaian vaksinasi di Kabupaten Sikka yang baru 36 persen, dapat ditingkatkan.

“Level PPKM Sikka turun dari level 2 ke level 3, salah satu penyebabnya karena vaksinasi masyarakat Sikka itu belum mencapai 40 persen. Sehingga kami hadir di tempat ini untuk mempercepat dan membantu pemerintah menyelesaikan program vaksinasi,” kata dia.

Hengki menambahkan dengan selesainya program vaksinasi, aktivitas belajar mengajar yang selama ini menggunakan metode daring dengan penuh kesulitan, akan sedikit terbantu jika sudah tatap muka, karena rata-rata siswa sudah divaksinasi.

Kepsek SMP Katolik Alvarez Paga, Octavianus Tewu Setu, O.Carm, mengucapkan terima kasih atas dukungan pelaksanaan vaksinasi untuk SMP dan SMA Alvarez Paga.

“Dibukanya vaksinasi ini adalah tanda baik bagi kami, membawa sebuah harapan karena ketika semuanya divaksin berarti sekolah bisa dibuka secara normal walaupun tidak 100 persen. Karena ini adalah hal yang baik maka kami mengucapkan banyak terima kasih,” ungkap Kepsek Octavianus.

Kepala Puskesmas Paga, Gabriel Pelo Pendeti mengatakan, Kecamatan Paga memiliki jumlah penduduk 17 ribu lebih. Dari jumlah ini, warga yang harus divaksinasi sejumlah 11 ribu lebih, namun yang sudah terlayani vaksinasi 3.899 warga.

Menurutnya, untuk mencapai kekebalan komunitas (herd imunity) maka perlu 75 persen warga tervaksinasi.

Untuk SMP dan SMA Alvarez Paga bisa dikatakan mencapai herd imunity jika semua siswa sekolah bisa tervaksinasi sejumlah 2 dosis.

Ia juga mengatakan, pihaknya mengapresiasi YTMI dan Partai Golkar ysng telah bersinergi menggelar kegiatan vaksinasi di wilayah kerja Puskesmas Paga.

Gabriel menambahkan untuk vaksinasi hari ini tersedia 1.000 dosis yang mana akan dibagi untuk vaksin kedua bagi 200 anak sekolah, vaksin pertama sebanyak 500 anak dan 300 diperuntukkan bagi warga yang datang dari berbagai wilayah untuk mengikuti vaksinasi.

Salah seorang siswa kelas XI MIA, Gerson Putra mengatakan dirinya senang karena sudah menyelesaikan 2 dosis vaksinasi Covid-19.

Dirinya berharap dengan sudah divaksinnya seluruh pelajar SMA Alvarez Paga dapat mendukung pelaksanaan aktivitas belajar mengajar kembali normal.

TERKINI
BACA JUGA