Puskesmas Watubaing Optimis Pemberian Vaksinasi Capai Target 70 Persen

Maumere, Ekorantt.com – Penanggungjawab vaksinasi Puskesmas Watubaing, Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka Laurensia Liin optimis pemberian vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat di wilayah itu akan memenuhi target nasional.

Laurensia menjelaskan Puskesmas Watubaing melaksanakan vaksinasi sebanyak 6173 orang untuk 8 desa sampai saat ini.

“Puskesmas Watubaing melaksanakan vaksinisasi sudah 64 persen untuk delapan desa. Sampai saat ini desa yang paling banyak menerima vaksin yaitu Desa Darat Pantai yang sudah mencapai 90 persen,” ungkap Laurensia di Maumere, Senin (22/11/2021).

Selain penerima vaksin terbanyak, ada juga desa yang sangat rendah penerima vaksin yakni Desa Lewomada. Rendahnya presentase penerima vaksin akibat cuaca serta jangkauan akses yang kurang mendukung.

“Ini bukan masalah antusias tapi akses transportasi, mereka harus turun untuk menerima vaksin pertama dan kedua dengan mengeluarkan biaya untuk bayar transportasi,” katanya.

iklan

“Tapi kedepannya kami sudah jadwalkan untuk turun ke desa-desa memberikan pelayanan vaksinisasi supaya bisa mencapai target,” sambung Laurensia.

Sementara untuk proses vaksinasi di Desa Nebe yang digelar pada Senin, (22/11), tambah Laurensia, dari dosis pertama dan kedua sudah mencapai 388 orang dengan tingkat penerima dosis pertama 333 orang dengan rata-rata usia masyarakat umum 311 orang, lansia 6 orang dan remaja 16 orang.

Jumlah vaksinasi pertama untuk hari itu melebihi jumlah penerima vaksin kedua yang hanya mencapai 55 orang dengan usia lansia 2 orang, masyarakat umum 51 orang dan remaja 2 remaja.

Laurensia menuturkan bahwa hal tersebut lantaran sudah tidak adanya kendala sasaran dalam vaksinasi karena banyak masyarakat sudah menyadari bahwa pentingnya menerima vaksin.

“Dengan jumlah vaksinasi yang saat ini sudah mencapai 64 persen, untuk kedepanya saya sangat mengharapkan semoga sampai dengan akhir November sudah mencapai target 70 persen penerima vaksin dosis pertama dan kedua,” tutur Laurensia.

Kepala Desa Nebe Markus Mada menyebutkan bahwa jumlah penerima vaksin yang ditargetkan sebelumnya sebanyak 400 lebih orang.

“338 orang ini sudah sangat bagus walapuan tidak mencapai target. Saya sangat berterimakasih kepada Puskesmas Watubaing karena sudah melayani masyarakat Desa Nebe dalam menerima vaksin pertama dan kedua,” kata Markus.

Atho Parera

TERKINI
BACA JUGA