Keracunan Ikan Buntal, Pasutri di Lembata Meninggal Dunia

Lewoleba, Ekorantt.com – Nasib malang dialami satu keluarga di Desa Tagawiti, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata. Mereka keracunan setelah menyantap ikan buntal, Kamis (16/12/2021).

Nyawa pasangan suami istri Bedil Pureklolon (60) dan Maria Barek (60) pun tak tertolong. Keduanya meninggal dunia.

Selain itu, tiga anggota keluarga dari Bedil dan Maria dilarikan ke RSUD Lewoleba. Ketiganya kini dirawat di ICU RSUD Lewoleba.

Walaupun sudah diinfus dan mendapat pelayanan intensif, badan mereka masih lemas.

Keluarga korban, Hermanto menuturkan, mereka satu keluarga mengonsumsi ikan buntal saat kerja kebun Kamis siang. Ikan buntal dijadikan lauk makan siang.

iklan

“Mereka rasa ada gejala lain makanya sebelum ke rumah sakit mereka yakni suami siteri meninggal dan tiga lainnya sekarang di UGD,” ujar Hermanto kepada awak media, Kamis malam.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Waipukang, Kecamatan Ile Ape, Margaretha Ose Making, menjelaskan bahwa kelima korban sempat dibawa ke puskesmas, lalu dirujuk ke RSUD Lewoleba.

Margaretha mendapat informasi dari petugas jaga bahwa ada yang keracunan ikan buntal.

Informasi lebih rinci dijelaskan oleh Direktur RSUD Lewoleba, Bernardus Yoseph Beda. Ia merincikan bahwa ada delapan orang yang mengonsumsi ikan buntal. Pasutri, Bedil dan Maria dinyatakan meninggal dunia. Tiga orang sedang diobservasi dan sisanya dipulangkan.

“Dua orang itu datang sudah mati atau death on arrival,” tutupnya.

Yurgo Purab

TERKINI
BACA JUGA