Nakes di Puskesmas Waiwerang -Flotim Mogok Kerja

Larantuka, Ekorantt.com – Tenaga kesehatan (Nakes) Puskesmas Waiwerang, Kecamatan Adonara Timur, Kabupaten Flores Timur, melakukan aksi mogok kerja pada Rabu (19/1/ 2022). Aksi ini diduga dipicu oleh manajemen Kepala Puskesmas Waiwerang, Martinus Sanga Salmon, yang bikin gerah para nakes. Akibatnya, pelayanan di ruang rawat inap terganggu.

Aksi tersebut didengar langsung oleh Wakil Bupati Flotim, Agustinus Payong Boli dari beberapa warga yang berobat di puskesmas tersebut. Wabup Boli kemudian langsung melakukan sidak di Puskesmas Waiwerang.

Setibanya di puskesmas, ia menyapa para pasien dan mengadakan rapat bersama kepala puskesmas, para dokter, perawat, bidan dan semua petugas lainnya.

Wabup Boli pun meminta kepala puskesmas memperbaiki manajemen kerja yang partisipatif dan problem solving.

Menurutnya, aksi mogok nakes tidak diperkenankan, karena akan mengganggu pelayanan kesehatan masyarakat. Jika ada masalah dikomunikasikan dengan baik. Penggunaan anggaran BOK, JKN, DAK, harus tranparan dan akuntable serta diaudit tiga tahun terakhir.

iklan

Selain itu lanjut Boli, pembagian uang jasa-jasa tertentu khusus pengendalian Covid-19 harus merata, adil dan bijaksana, juga perlu perkuat fraternitas di puksesmas sehingga semua sehati sejiwa melayani.

Menurutnya, Puskesmas Waiwerang merupakan puskesmas rawat inap terbesar di Adonara. Setiap hari puskesmas ini melayani banyak pasien dari Pulau Adonara. Karena itu, jika tidak ditangani cepat akan berdampak buruk.

“Saya datang dengar keluh kesah para nakes dan melihat, mendengar dari dekat masalah mereka supaya mengambil solusi yang cepat dan tepat. Syukurlah semua dapat terselesaikan dan masyarakat kembali terlayani dengan baik,” ungkapnya.

Agus Boli mengaku semenjak dirinya didapuk menjadi Wabup Flotim, ia sudah ratusan kali melakukan sidak.

Eva Tokan, salah satu keluarga pasien mengaku bangga dengan kinerja Wabup Agus Boli yang gerak cepat dalam mengatasi masalah tersebut.

“Pak Wabup Agus Boli ini pemimpin muda yang kami masyarakat idolakan karena peduli dan selalu bawa solusi,” katanya.

Yurgo Purab

TERKINI
BACA JUGA