Kopdit Suka Damai Prioritaskan Pinjaman Usaha Anggota

Labuan Bajo, Ekorantt.com – KSP Kopdit Suka Damai memprioritaskan pinjaman usaha bagi anggota. Hal ini dinilai mampu meningkatkan tingkat ekonomi anggota.

“Pinjaman modal usaha, seperti usaha kios, ternak, dan pertanian lebih bagus. Kami prioritas pinjaman usaha anggota karena angsuran ke lembaga adalah hasil dari usaha itu,” jelas General Manajer KSP Kopdit Suka Damai, Bonatria Sariman saat ditemui di ruang kerjanya pada akhir Februari 2022 lalu.

Kemudian, lanjutnya, ada pinjaman pendidikan. Pinjaman pendidikan itu untuk membiayai pendidikan anak dari para anggota.

Selanjutnya, pinjaman kesehatan bagi anggota yang sedang sakit dan membutuhkan uang perawatan.

Yang terakhir ialah pinjaman kesejahteraan untuk anggota yang hendak membangun rumah dan membeli tanah.

iklan

“Total piutang beredar selama Tahun Buku 2021, yakni Rp79.499.661.549. Pinjaman paling banyak adalah pinjaman modal usaha,” katanya.

KSP Suka Damai, jelas Bonatria, sudah memiliki 4 cabang di Manggarai Barat, yakni  Labuan Bajo, Orong, Pacar, dan Boleng.

Kemudian, di  Kabupaten Manggarai, Kabupaten Kupang, dan Kabupaten Malaka, masing-masing memiliki satu cabang.

Bonatria berpendapat, tujuan dari berkoperasi tentu menyejahterakan ekonomi keluarga anggota.

“Maka pertama yang dilakukan lembaga ini adalah pendidikan terhadap anggota, TP, unit, maupun cabang. Dan pendidikan itu berkelanjutan,” ujarnya.

Dikatakannya, prinsip dalam pengelolaan koperasi adalah sukarela tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

“Prinsipnya tadi dari kita oleh kita dan untuk kita. Itu dilihat dari sisi manfaat dan tujuannya. Dan rohnya lembaga ini memang tolong menolong. Karena itu koperasi itu kumpulan orang-orang, bukan kumpulan uang-uang,” jelasnya.

Untuk diketahui, per 31 Desember 2021, jumlah anggota koperasi ini sudah mencapai 16.442 orang, dengan total aset sebesar Rp91.602.712.714 dan total simpanan saham sebanyak Rp49.280.485.589.

Adeputra Moses

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA