Gubernur Viktor Laiskodat Dorong Bank NTT Jadi Lokomotif Pertumbuhan UMKM

Ende, Ekorantt.com – Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat meresmikan kantor fungsional Bank NTT Moni, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende pada Senin (11/4/2022).

Dalam sambutannya, Gubernur Viktor Laiskodat mengatakan, kehadiran Bank NTT harus mampu berkolaborasi dengan pemerintah daerah demi mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di NTT.

Bank NTT diharapkan tidak hanya untuk menyimpan uang. Lebih dari itu, Bank NTT harus mampu menjadi lokomotif dan wadah investasi bagi pengembangan industri rumah tangga maupun kelompok usaha kecil dan menengah.

“Pak Bupati, dengan hadirnya Bank NTT di tempat ini, harus mulai berpikir berapa banyak UMKM di Moni dan sekitarnya,” kata politisi NasDem ini.

Pemerintah daerah dan Bank NTT, tandas Viktor Laiskodat, harus mampu berkolaborasi demi melahirkan inovasi dan mendorong produk-produk lokal.

iklan

“Saya ingin ke depan bukan hanya laporan keuangan tapi berapa banyak UMKM yang dilahirkan. Ini agar terjadi peningkatan pendapatan,” ujarnya.

Sementara Direktur Utama Bank NTT, Alexander Riwu Kaho mengatakan bahwa kantor fungsional Bank NTT di Moni hadir untuk menyalurkan kredit para pelaku UMKM.

Diakuinya, pandemi covid-19 telah membuktikan bahwa sektor usaha kecil tahan uji, memiliki daya tahan, dan daya saing untuk menopang pertumbuhan ekonomi NTT.

Oleh karena itu, Riwu Kaho menegaskan, kehadiran Bank NTT bagi pemerintah memiliki dua fungsi. Pertama, fungsi mengendalikan. Kedua, fungsi untuk menstabilkan pertumbuhan ekonomi dan kekuatan Ekonomi.

Sementara itu, bagi masyarakat, Bank NTT berfungsi untuk pendekatan layanan jasa perbankan.

Disebutkan Riwu Kaho, Kantor Fungsional Moni merupakan kantor yang ke-220 di seluruh Indonesia dan merupakan kantor ke-14 di Kabupaten Ende.

Sebagai Bank milik masyarakat  NTT, Riwu Kaho berjanji untuk terus memberikan kemudahan bagi pelaku usaha dalam mengakses modal.

Hadir dalam kesempatan tersebut, pimpinan OPD lingkup Pemprov NTT, Bupati Ende Djafar Achmad dan Wabup Ende Erik Rede, Kepala Bank NTT Cabang Ende Frans Boli, dan Pimpinan OPD lingkup Pemkab Ende.

TERKINI
BACA JUGA