2022 Peserta Karnaval akan Kenakan Busana Adat Saat Pembukaan Festival Wolobobo

Bajawa, Ekorantt.com – Sebanyak 2022 perserta karnaval akan menghiasi pembukaan Wolobobo Ngada Ferstival (WNF) tahun 2022 yang akan diselenggarakan di Taman Kartini Bajawa pada Senin (17/9/2022).

Bupati Ngada Andreas Paru mengatakan kegiatan karnaval tersebut merupakan rangkaian dari sejumlah kegiatan Wolobobo Ngada Ferstival (WNF) yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Ngada untuk mendorong wisatawan berkunjung ke wilayah itu.

“Dalam kegiatan ini akan memperlihatkan pakaian adat dari tiga etnis, yakni etnis Bajawa, So’a dan Riung,” ujar Andreas dalam jumpa pers di Taman Kartini, Sabtu pagi.

Dalam kegiatan karnaval kali ini, para peserta akan bergerak dari Lapangan Lebijaga dan berahkir di Taman Kartini yang menjadi pusat diselenggarakan festival tersebut.

Bupati Andreas menyebutkan Kopi Arabika Bajawa (AFB), tenun ikat Bajawa dan bambu merupakan tema utama yang didorong dalam festival itu.

iklan

“Salah satu potensi yang luar biasa di Ngada adalah bambu. Berdasarkan survei tahun 2022, di Kabupaten Ngada ada 96 ribu rumpun bambu, kurang lebih 28 juta batang,” sebut Bupati Andreas.

Tidak hanya itu, Bupati Andreas mengungkapkan Wolobobo Ngada Festival (WNF) dihadiri 53 pelaku UMKM yang akan mengisi stand di Taman Kartini.

“Pelaku UMKM tidak saja dari Ngada tapi dari kabupaten tetangga, seperti Ende, Sikka, Nagekeo,” ujar dia.

TERKINI
BACA JUGA