Aksi Peduli Kasih OMK Pasthorus untuk Sesama yang Berkekurangan

Maumere, Ekorantt.com – Moderator Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Thomas Morus (Pasthorus) Maumere, RD. Quirinus Galmin, mengapresiasi usaha OMK yang memaknai Pesta Emas Paroki dengan Aksi Peduli Kasih, Minggu (25/9/2022).

“Anda sudah mengambil bagian dalam memaknai Perayaan Emas Paroki dengan apa yang ada padamu dari hasil kerjamu sendiri bagi yang sungguh berkekurangan,” ujar RD Quin kepada Ekora NTT.

Dikatakannya, inisiatif yang tumbuh dari Orang Muda Katolik tanpa digerakkan oleh pihak lainnya, itulah yang patut diapresiasi.

“Aksi Peduli Kasih bentuk nyata kepedulian terhadap orang berkekurangan dan layak dibantu. Apa yang diberikan memang tidak seberapa nilainya namun bisa bermanfaat bagi keluarga yang berkekurangan,” tandas Romo Quin, biasa disapa.

Sementara Ketua OMK Pasthorus Maumere Gaudensius Roly Wake mengatakan Aksi Peduli Kasih adalah Program OMK memaknai Pesta Emas Paroki St. Thomas Morus Maumere.

iklan

“Aksi Peduli Kasih berupa saluran berkat bagi 4 keluarga berkekurangan berasal dari 4 lingkungan di wilyah Paroki St. Thomas Morus,” ujar Wake.

Bantuan yang diberikan dalam Aksi Peduli Kasih, tambah Wake, berupa beras, minyak goreng, gula pasir, kopi, susu, garam, telur ayam, sabun mandi, dan sampo.

Wake juga mengharapkan pemerintah kelurahan dapat mendata keluarga miskin sehingga mereka bisa dapat bantuan dari pemerintah baik dari kabupaten maupun pusat seperti bantuan PKH atau bantuan lainnya.

“Di antara 4 keluarga penerima bantuan ada suami istri lansia, ada suami buta dan ada juga janda yang menyekolahkan anaknya hasil jual dos bekas dan gelas-gelas plastik,” ungkapnya.

OMK saat pose bersama kala menyerahkan bantuan untuk umat yang berkekurangan/Ekora NTT

Ia bilang, ada juga penerima bantuan yakni Fabianus Seti yang buta matanya (tuna rungu) tingga bersama istrinya dari Lingkungan 9.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, lanjut Wake, mereka menggantungkan harapan dari anak mereka Hendrikus yang bekerja sebagai buruh kasar.

“Terima kasih anak OMK dan dermawan dari umat Paroki St. Thomas Morus Maumere. Bapak dan keluarga bersyukur dan senang sudah bantu kami,” kata Fabianus.

Ungkapan senada juga datang dari Vinsensius Roi dari Lingkungan 12 yang bekerja sebagai tukang untuk memenuhi kebutuhan istri dan 5 anaknya dan ada juga balita.

Sementara bantuan juga diberikan kepada Mama Rosalia Bunga Sengsara dari Lingkungan 6. Janda satu anak ini sehari-hari bekerja memilih dos bekas dan Aqua gelas.

Berikutnya Mama Maria dari Lingkungan 4 yang tinggal bersama kakaknya dan keduanya lansia.

Sekretaris OMK Pasthorus Rani da Silva memastikan saluran berkat dari Aksi Peduli Kasih untuk 4 keluarga ini tepat sasaran.

“Sebelum diberikan bantuan, OMK lingkungan mendata keluarga yang layak mendapatkan bantuan. Empat keluarga ini masuk dalam kriteria yang harus dibantu,” terangnya.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA