Warga Minta Pemkab Ende Segera Relokasi Pasar Moni

Ende, Ekorantt.com – Warga Desa Nuamuri, Kecamatan Kelimutu Emanuel Putu yang juga mosalaki (tetua adat) di wilayah itu meminta Pemerintah Kabupaten Ende merelokasi Pasar Moni ke pasar baru di Desa Nuamuri.

Permintaan tersebut menindaklanjuti proses penyerahan tanah dari mosalaki ke pemerintah seluas 1,5 hektare, kemudian membangun pasar.

Bahkan, pasar yang dikerjakan pada 2012 tersebut terkesan mubazir, kata Emanuel.

Senada dengan itu, Siprianus, salah seorang warga setempat kepada Ekora NTT pada Rabu (12/10/2022) mengatakan pihaknya telah berkali-kali mempertanyakan hal tersebut kepada pemerintah kecamatan.

“Besok (kamis) mosalaki dan warga akan bertemu camat untuk kembali mempertanyakan sejauh mana prosesnya. Itu gedung yang sudah dibangun mubazir, kami minta bapak Bupati tuntaskan masalah ini,” ungkap Siprianus.

iklan

Siprianus bilang, lokasi Pasar Moni telah over kapasitas sehingga mengganggu arus transportasi jalan negara Ende-Maumere.

Selain itu, aktivitas pasar juga mengganggu jalannya kegiatan belajar siswa yang tepat berada di kawasan itu, termasuk sistem kepariwisataan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Ende Muhamad Sharir ketika dikonfirmasi Ekora NTT membenarkan jika perpindahan Pasar Moni ke wilayah Nuamuri sedang berproses.

“Itu rencana lama dan kita terus berproses. Kita sudah keluarkan surat untuk rapat. Besok (Kamis) kita rapat dengan pihak kecamatan desa dan stakeholder terkait, kita akan tuntaskan,” terang Kadis Sharir.

TERKINI
BACA JUGA