Cabor Basket di Ende Butuh Infrastruktur dan Kolaborasi Pemerintah-Swasta

Ende, Ekorantt.com – Pengurus induk olahraga bola basket atau disebut Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kabupaten Ende, melakukan temu pendapat dengan pemerintah Kabupaten Ende, Rabu (12/10/2022).

Ketua Perbasi Kabupaten Ende, Oktavianus Moa Mesi didampingi Sekretaris Rustam Sumbi dan Wakil Ketua Desi Natalia bersama pengurus diterima Wakil Bupati Ende, Erikos Emanuel Rede.

Oktavianus yang akrab disapa Vian Moa Mesi kepada Wabub Erik menyampaikan, perkembangan dan pembinaan cabang olahraga basket di Ende perlu mendapat perhatian bersama baik pemerintah dan swasta.

Menurut Vian Moa, saat ini Perbasi telah mereorganisir pengurus dan merumuskan berbagai program kerja baik penyelenggaraan turnamen antar sekolah maupun klub pada 2023 mendatang.

Selain itu, Perbasi juga mempersiapkan tim basket Kabupaten Ende untuk mengikuti Pekan Olahraga Provinsi NTT yang akan digelar pada akhir 2022.

iklan

Dikatakan Vian, yang juga merupakan Wakil Ketua DPRD Ende tersebut, olahraga basket cukup diminati oleh generasi muda di Kabupaten Ende.

Namun diakuinya, minimnya pagelaran turnamen dan kesiapan infrastruktur seperti lapangan basket yang representatif membuat cabang olahraga basket belum berkembang maksimal.

“Kita punya potensi pemain yang bagus. Beberapa sekolah sudah ada lapangan. Namun belum dikoordinir dengan baik. Utamanya soal lapangan dan event. Mudah-mudahan tahun depan kita gelar turnamen. Kami akan terus berkoordinasi dengan sekolah-sekolah dan berharap pemerintah menfasilitasinya,” ungkap Vian.

Wakil Bupati Ende, Erikos Emanuel Rede kepada Pengurus Perbasi menegaskan, pemerintah mengapresiasi peran Pengurus Perbasi.

“Kami berterima kasih atas niat dan komitmen Pengurus Perbasi. Pemerintah tentu berkomitmen mendukung seluruh cabang olahraga untuk menjadi media bagi saluran hobi dan minat generasi muda Kabupaten Ende,” terang Erikos.

Wabub Erik meminta Perbasi Kabupaten Ende untuk segera menyusun perencanaan detail dan berkoordinasi dengan KONI agar tahun 2023 dapat menggelar turnamen tingkat Kabupaten Ende.

“Kita dukung penuh. Kalau tahun depan mau digelar turnamen maka teman-teman menyiapkan rencana detailnya. Soal lapangan atau infrastruktur tentu itu tanggung jawab pemerintah,” pinta Wabub Erik.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA