Anselmus Tana: Koperasi Akan Sukses Bila Anggota Sejahtera

Weetabula, Ekorantt.com – Ketua Komite KSP Kopdit Pintu Air Cabang Weetabula, Anselmus Tana mengatakan bahwa sebuah koperasi dinilai sukses bila dapat melahirkan anggota-anggota yang sejahtera. Oleh karena itu anggota Pintu Air mesti berani meminjam dan membiayai kegiatan yang dapat menghasilkan pendapatan yang bagus.

Hal ini disampaikan oleh Anselmus pada acara rapat anggota bulanan (RAB) Kelompok Kadekap di Desa Kalembu Kaha, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Jumat , 13 Januari 2023.

Hadir kegiatan ini, Manajer Cabang Weetabula Samuel Monis dan staf relawan Romalus Pitan.
Sebanyak 91 anggota hadir dalam RAB yang dipadukan dengan perayaan natal dan tahun baru bersama ini.

Anselmus memaparkan kemajuan atau perkembangan lembaga Kopdit Pintu Air, terutama yang berkaitan dengan hak serta kewajiban anggota.
“Dan yang tidak kalah pentingnya adalah menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan kebijakan baru tentang Daperma, dana duka misalnya. Melalukan penagihan dan pencatatan penyetoran anggota pada saat itu juga,” kata Anselmus.

Anselmus juga memuji kekompakan anggota Kelompok Kadekap dalam membangun semangat kebersamaan. Betapa tidak, kelompok Kadekap sukses membangun sebuah bangunan dengan ukuran 5 x 6 meter untuk dijadikan tempat pertemuan rutin bulanan.

iklan

“Pondok ini menjadi tempat bagi kelompok untuk bertukar informasi dan memberikan pelajaran dalam menumbuhkan semangat anggota untuk keluar dari lingkaran kemiskinan,” kata Anselmus.

Senada, Ketua Kelompok Kadekap, Martinus Bulu Paga mengatakan, pembangunan pondok sederhana itu bertujuan untuk menjadi tempat berbagi dan bertukar pikiran.

“Di sini tidak ada yang merasa terganggu, semua anggota boleh berbicara, bertanya tentang apa yang menjadi problem yang dihadapinya,” ucap Martinus.

Martinus bilang, rata-rata anggota di kelompoknya masuk kategori pengusaha kecil. Mereka sedang belajar bagaimana mengelola usaha yang baik agar dapat meraup keuntungan yang besar.

Martinus pun sepakat dengan apa yang dilakukan oleh manajer dan komite untuk selektif dalam memberikan pinjaman kepada anggota. Cara itu dilakukan supaya anggota peminjam tidak terbebani bila sewaktu-waktu usahanya gagal.

TERKINI
BACA JUGA