Pintu Air Cabang Soe Gencar Berikan Pendidikan bagi Anggota

Soe, Ekorantt.com – Sejak awal tahun 2023, komite dan manajemen KSP Kopdit Pintu Air Cabang Soe gencar memberikan pendidikan bagi anggota. Materi pendidikan yang diberikan berupa penjelasan tentang hakikat hidup berkoperasi dan gambaran pelayanan keuangan di koperasi.

“Seorang anggota koperasi akan sejahtera karena mampu menentukan nasibnya sendiri. Sementara koperasi hanya menyediakan dukungan modal kerja serta bimbingan pendidikan,” kata Manajer Cabang Soe, Robertus Sedu saat sosialisasi dan bimbingan teknis kepada anggota di Desa Basmuti, Kecamatan Kuanfatu, Kabupaten TTS, Selasa, 17 Januari 2023.

Kegiatan ini dihadiri Ketua Komite Cabang Soe, Yehunias S. A. Naat dan 132 peserta.

Robertus menjelaskan, anggota koperasi mesti belajar untuk menata kehidupan ekonomi keluarganya. Dalam situasi yang terbatas, anggota dididik untuk mampu membiayai kebutuhan keluarganya.

“Seseorang masuk koperasi jangan berorientasi untuk meminjam. Karena yang dikehendaki oleh manajemen koperasi adalah dengan bergabung menjadi anggota koperasi, seseorang mampu menata ekonominya,” ujar Robertus.

iklan

Karena itu, Robertus meminta anggota untuk membiasakan diri dengan menabung.

“Karena koperasi juga menganut prinsip tanam dan tuai. Orang yang menanam suatu saat nanti akan memetik hasinya,” kata Robertus.

Menurut Robertus, pinjaman diajukan harus untuk menambah modal usaha dalam sektor produktif. Dengan begitu, hidup berkoperasi mampu meningkatkan kualitas hidup seorang anggota.

Sejauh ini, anggota Kopdit Pintu Air di wilayah Kecamatan Kuanfatu cukup banyak. Pinjaman yang beredar di sana mencapai Rp1 miliar.

“Kami manajemen dan komite terus merawat agar anggota makin kuat dan kopersi tidak terlilit pinjaman lalai,” pungkasnya.

TERKINI
BACA JUGA