Toilet Umum Pasar Boawae Mubazir

Mbay, Ekorantt.com – Bangunan toilet umum yang berada di Pasar Rabu, Kecamatan Boawae, Kabupaten Nagekeo dalam kondisi sangat memprihatinkan. Sejak dibangun, toilet umum tidak dimanfaatkan dan terancam mubazir.

Pantauan Ekora NTT pada Rabu (18/1/2023), tampak pintu dan jendela toilet tersebut sudah dalam kondisi rusak. Tidak hanya itu meteran listrik yang terpasang juga dalam kondisi rusak dan tak terawat.

Bangunan ini juga diduga tidak dimanfaatkan sejak dibangun. Hal ini tampak dari sisa material bangunan seperti balok yang masih tersimpan di depan pintu toilet.

Salah satu pengujung pasar, Marten, mengaku toilet tersebut sudah lama dibiarkan tidak digunakan.

“Kasian sekali, padahal kamar kecil ini sangat membantu masyarakat. Kita ke pasar tidak perlu jauh-jauh cari kakus,” ucap Marten.

iklan

Marten menyatakan sejak dibangun beberapa tahun terakhir, toilet tersebut dibiarkan tanpa ada perawatan. Tidak ada satupun petugas yang ditempatkan di sana.

“Kalau tidak salah tiga atau dua tahun lalu dibangun tapi tidak dirawat,” katanya.

Hal senada disampaikan Yoris yang meminta pemerintah perlu memperbaiki toilet umum tersebut sehingga bisa membantu pedagang dan masyarakat yang berkunjung ke pasar.

“Sayang sekali pak, toilet ini kalau difungsikan bisa bantu masyarakat. Apalagi kalau hari Rabu ramai sekali pasar ini,” kata Yoris.

Selama ini, lanjut dia, pedagang maupun pengunjung terpaksa meminjam toilet milik masyarakat yang berada di sekitar pasar.

Ia berharap Pemerintah Kabupaten Nagekeo kembali memperbaiki toilet umum tersebut sehingga bisa dimanfaat oleh masyarakat.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA