Pemkab Ende Raih Penghargaan UHC dari BPJS

Ende, Ekorantt.com – Pemerintah Kabupaten Ende berhasil meraih penghargaan cakupan kesehatan semesta atau Universal Health Coverage (UCH) peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tahun 2023.

Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Wakil Presiden Mar’uf Amin dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian kepada Wakil Bupati Ende Erikos Emanuel Rede pada Selasa (14/3/2023) di Balai Sudirman Jakarta.

“Kami menyampaikan apresiasi atas dukungan serta kerjasama dengan pemerintah daerah atas pencapaian ini. Dukungan ini tentunya merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah daerah untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakatnya,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ende Nara Grace Br Ginting.

Grace menyebutkan hingga Maret 2023, anggota JKN di Kabupaten Ende mencapai 99,4 persen.

BPJS juga mencatat, terhitung sejak 2021-Maret 2023, Kabupaten Ende, Manggarai, Manggarai Timur dan Manggarai Barat secara keseluruhan hampir 100 persen penduduknya telah terdaftar sebagai peserta JKN.

iklan

Artinya, hampir seluruh warga masyarakat di empat kabupaten wilayah kerja BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ende telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan, kata Grace.

Dia berharap kerjasama ini terus berjalan optimal dalam menjaga Program JKN ini agar tetap substain.

Selain itu, dapat peningkatan kualitas pelayanan juga semakin meningkat agar masyarakat khususnya peserta JKN dapat memanfaatkan pelayanan kesehatan secara optimal.

Wakil Bupati Ende Erikos Emanuel Rede mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian UHC di daerahnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Ende yang telah bekerja keras agar masyarakat Kabupaten Ende bisa terjamin ke dalam Program JKN.

“Dengan telah tercapainya UHC di Ende maka fasilitas kesehatan juga harus kian optimal dalam melayani. Ke depan kami akan terus memastikan seluruh penduduk Ende tetap terjamin akses layanan kesehatannya melalui Program JKN-KIS,” ungkap Erikos.

Ia menyebutkan dari jumlah 277.589 warga Kabupaten Ende telah tercover program JKN sebanyak 274.911 orang. Itu artinya telah mencapai 99 persen lebih.

“Kita akan terus berupaya untuk terus memberikan pelayanan kesehatan yang baik bagi warga Kabupaten Ende,” ujarnya.

Untuk diketahui, Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin memberikan penghargaan kepada 22 provinsi, 334 kabupaten dan kota yang telah mendukung Program JKN-KIS.

Program itu sedianya sebagai program strategis nasional dengan mendorong terwujudnya UHC di Indonesia.

Wapres mengapresiasi komitmen pemda khususnya dalam melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Dalam Inpres Nomor 1 tahun 2022, salah satu instruksi Presiden kepada Gubernur dan Bupati/Walikota adalah mendorong target RPJMN.

Target tersebut yaitu 98 persen penduduk Indonesia terlindungi kesehatannya melalui Program JKN-KIS pada tahun 2024, dengan mengalokasikan anggaran dan pembayaran iuran serta bantuan iuran penduduk yang didaftarkan oleh pemerintah daerah.

Hingga 1 Maret 2023, jumlah penduduk Indonesia yang sudah dijamin akses layanan kesehatan melalui Program JKN-KIS sebanyak 252,1 juta jiwa atau lebih dari 90 persen dari seluruh penduduk Indonesia.

TERKINI
BACA JUGA