Pesan Pater Atanasius pada Momen Pembaharuan Kaul Suster-Suster Sang Timur

Maumere, Ekorantt.com – Pater Atanasius Dewanto, Cs memberikan pesan mendalam pada momen pembaharuan kaul para suster Kongregasi Pauperis Infantis Jesu (PIJ) atau yang lebih populer dengan sapaan Suster-Suster Sang Timur.

Momen pembaharuan kaul berlangsung di Kapela Sang Timur dalam perayaan Ekaristi Kudus bertepatan dengan Hari Raya Santo Yosef suami Bunda Maria, Senin (20/3/2023).

Sebelum pembaharuan kaul, dalam homili singkatnya, Pater Atanasius berpesan agar para suster dapat meneladani hidup Santo Yosef.

“Meski dalam injil Santo Yosef tidak terlalu banyak disebutkan namun peranannya sangat besar, terutama karena ia setia dalam menyertai Maria mengasuh kanak Yesus,” katanya.

Menurut Pater Atanasius, Santo Yosef adalah pribadi yang sangat bertanggung jawab dalam menjaga dan melindungi keluarga kudus Nazareth.

iklan

Santo Yosef, lanjut dia, taat pada kehendak Allah, berani dan dengan tulus mendampingi Maria yang pada saat itu sudah mengandung dari Roh Kudus.

Kepada 17 orang suster yang membaharui kaul kebiaraan, Pater Atanasius juga berpesan supaya senantiasa hidup seturut semangat dan pesan sang pendiri Kongregasi PIJ, Beata Clara Fey dan tidak boleh mencemarkan panggilan, serta tetap setia untuk melayani sesama sesuai dengan apa yang menjadi karya misi pelayanan kongregasi.

“Jangan mencemarkan konstitusi kongregasi, tetaplah hidup dalam semangat doa dan melayani,” pinta Pater Atanasius.

Atas nama Gereja, Pater Atanasius menyampaikan terima kasih kepada para Suster PIJ atas karya pelayanan dalam membangun umat Allah.

Sister Innes, PIJ-Ekora NTT
Sister Innes, PIJ-Ekora NTT

Terpisah, Pimpinan Komunitas Biara Sang Timur Wairklau Maumere, Suster Innes, PIJ mengatakan, untuk Sang Timur perwakilan Flores ada 8 komunitas yang meliputi, Mauloo, Magepanda, Mbay, Marunggela, Bajawa, Beja dan Manola di Keuskupan Weetebula, Kabupaten Sumba Barat Daya.

“Selain menjalan tugas utama berdoa, Suster-Suster PIJ juga membantu karya pastoral di paroki-paroki di mana saja komunitas itu berada,” kata Suster Innes.

Bentuk karya nyata bagi anak-anak, para Suster PIJ juga membina anak Play Group, Taman Kanak-kanak, serta asrama putri.

Lebih jauh, ada juga Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak menjadi perhatian PIJ.

TERKINI
BACA JUGA